Dua Utang yang Dibawa Mati Ini Bisa Dilunasi Allah

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 22 November 2017 18:03
Dua Utang yang Dibawa Mati Ini Bisa Dilunasi Allah
Utang akan tetap ditagihkan meskipun si pengutang sudah meninggal.

Dream - Utang merupakan amalan yang sangat dianjurkan untuk dihindari. Sebab, utang akan terus ditagih meski si peminjam sudah meninggal dunia.

Bahkan, terdapat hadis yang menyebutkan utang dapat menahan jiwa seseorang untuk masuk surga. Bahkan jika seseorang meninggal dalam keadaan syahid.

" Rasulullah Muhammad SAW bersabda, 'Demi yang jiwaku ada di tangan-Nya, seandainya seorang laki-laki terbunuh di jalan Allah, kemudian dihidupkan lagi, lalu dia terbunuh lagi dua kali, dan dia masih punya utang, maka dia tidak akan masuk surga sampai utangnya itu dilunasi."

Terdapat riwayat lain yang memuat kisah lebih parah tentang seorang sahabat yang memiliki utang. Sampai-sampai Rasulullah enggan menyolatinya.

Dari Jabir RA, " Adalah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidak menyolatkan laki-laki yang memiliki utang. Lalu didatangkan mayit ke hadapannya. Beliau bersabda: " Apakah dia punya hutang?" Mereka menjawab: " Ya, dua dinar."

Tetapi, ada utang yang akan dilunasi oleh Allah. Utang itu yaitu utang seseorang yang tidak memiliki harta, namun punya niat kuat melunasinya.

As Syaukani berpendapat demikian,

" Ini terikat pada siapa saja yang memiliki harta yang dapat melunasi utangnya. Ada pun orang yang tidak memiliki harta dan dia bertekad melunaskannya, maka telah ada beberapa hadis yang menunjukkan bahwa Allah Ta'ala akan melunasi untuknya."

Selengkapnya... 

(ism) 

Beri Komentar