Cara Atasi Perasaan Dilematis Bersedekah ke Pengemis Sehat

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 10 Oktober 2018 06:00
Cara Atasi Perasaan Dilematis Bersedekah ke Pengemis Sehat
Kadang, kita bingung untuk bersedekah lantaran pengemisnya kelihatan masih kuat.

Dream - Setiap Muslim dianjurkan untuk bersedekah kepada sesamanya. Tidak terkecuali kepada para pengemis yang ada di jalanan.

Sayangnya, terkadang timbul perasaan dilematis dalam diri kita ketika memberikan sedekah kepada pengemis. Ini lantaran pengemis tersebut tampak masih sehat dan kuat.

Tidak jarang juga kita menjumpai orang yang berpura-pura menjadi pengemis. Alhasil, ada perasaan tidak ikhlas pada diri kita.

Lantas, bagaimana mengatasi persoalan ini?

Dikutip dari Rumah Fiqih Indonesia, Ustaz Ahmad Sarwat Lc., menjelaskan perasaan dilematis bersedekah kepada pengemis masih sehat banyak dialami umat Islam. Di satu sisi, kita ingin membantu mereka yang kurang beruntung namun di sisi lain rupanya pengemis itu adalah bagian dari kelompok yang terorganisir.

Dalam artian, mereka mengemis bukan karena ketidakmampuan dalam bekerja. Sebenarnya, kita sendiri tahu mereka tidak layak dibantu.

 

1 dari 1 halaman

Tak Boleh Tolak Orang Meminta-minta

Meski demikian, umat Islam juga tidak dibolehkan menolak orang yang meminta-minta. Apalagi jika kita tidak benar-benar tahu si pengemis memang berhak mendapat sedekah atau tidak.

Larangan menolak orang yang meminta-minta tercantum dalam Surat Adz Dzariyat ayat 19.

" Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta-minta dan orang miskin yang tidak mendapatkan bagian."

Ayat ini secara tegas menyatakan orang yang meminta-minta memang punya hak atas sebagian harta kta. Sehingga pengemis meskipun sehat, tetap tergolong peminta-minta.

Bahkan dalam Surat Ad Dhuha ayat 10, Allah secara tegas melarang kita menghardik orang yang meminta-minta.

" Adapun orang yang meminta-minta, maka janganlah kamu menghardiknya."

Menghadapi masalah ini, ada cara yang bisa ditempuh. Yaitu dengan tetap bersedekah namun cukup ala kadarnya, sekadar menggugurkan kewajiban.

Meski begitu, akan sangat baik jika menyalurkan sedekah kepada badan amil yang resmi dan terpercaya. Karena lembaga seperti ini memang didirikan untuk mengelola sedekah secara profesional sehingga niat kita tersampaikan.

Selengkapnya...

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri