Minta Cerai Karena Masalah Sepele, Ini Ancaman Rasulullah

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 21 Februari 2018 12:00
Minta Cerai Karena Masalah Sepele, Ini Ancaman Rasulullah
Perceraian sebisa mungkin dihindari oleh pasangan suami istri.

Dream - Tidak selamanya biduk rumah tangga berjalan dengan tenang. Di saat tertentu, ada guncangan yang menerpa. Pertengkaran suami istri merupakan hal biasa.

Masalah merupakan ujian bagi pasangan suami istri. Jika mampu bertahan, rumah tangga akan langgeng. Tetapi bila tidak, maka dapat berakhir pada perceraian,

Cerai sendiri merupakan amalan yang dibolehkan dalam Islam. Meski demikian, Allah benci jika sampai terjadi perceraian.

Perceraian terjadi dengan berbagai alasan. Banyak pasangan suami istri memilih berpisah karena perkara yang besar, namun tidak sedikit cerai karena masalah yang sepele.

Para suami diminta sangat berhati-hati dengan kata cerai. Sebab, mengucapkan kalimat 'Aku ceraikan engkau' sudah menjadi sebab suami terlarang menggauli istrinya.

Sayangnya, banyak kasus kita jumpai para istri meminta cerai karena masalah sederhana. Ingatlah ancaman Rasulullah Muhammad SAW yang tertuang dalam hadis riwayat Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah.

Seorang istri yang mudah meminta cerai suaminya hanya karena permasalahan sepele, maka dia tidak akan mencium baunya surga.

Para ulama menyimpulkan kriteria masalah yang seperti apa bisa jadi alasan istri meminta cerai. Masalah pertama, suami melakukan kekerasan fisik maupun seksual kepada istrinya.

Masalah kedua, suami meninggalkan sholat dan bermaksiat. Masalah ketiga, suami tidak memenuhi kewajibannya yaitu memberikan nafkah untuk kebutuhan pangan dan sandang bagi istri dan anak-anaknya.

Sedangkan masalah keempat, suami tidak mau memenuhi kebutuhan biologis istrinya, padahal mampu.

Selengkapnya...

Beri Komentar