Para Wanita, Lakukan 6 Hal Ini Ketika Dilamar Sang Pujaan

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 28 Juni 2018 10:00
Para Wanita, Lakukan 6 Hal Ini Ketika Dilamar Sang Pujaan
Imam Al Ghazali menyimpulkan ada enam hal.

Dream - Lamaran adalah satu tahap sebelum pernikahan dalam Islam. Momen ini merupakan bentuk keseriusan bagi seorang pria untuk membina rumah tangga.

Begitu melamar, pria dinilai mampu bertanggung jawab. Salah satunya, memberikan nafkah bagi wanita yang dinikahinya.

Bagi para wanita, ada beberapa hal yang perlu dilakukan ketika dilamar. Hal ini seperti dipesankan Imam Al Ghazali dalam kitabnya Adab fid Din.

Langkah pertama, mencari informasi mengenai bagaimana aqidah pria yang melamar, nama baiknya, serta cara menepati janji. Ini bisa dilakukan dengan meminta bantuan keluarga mencarikan informasi tersebut.

Langkah kedua, para wanita juga tidak boleh abai terhadap keluarga pria yang melamarnya. Kondisi keluarga pria patut menjadi pertimbangan wanita untuk menjawab lamaran.

Langkah ketiga, mengamati ketekunan pelamar dalam beribadah. Ini terutama sholat fardlu lima waktu dan sholat jemaah.

Langkah keempat, memastikan sumber penghasilan pelamar. Jika dari usaha, harus dipastikan dari sumber halal.

Langkah kelima, mengutamakan agama pelamar daripada hartanya. Juga harus memperhatikan bagaimana pelamar menjalani kehidupan, bukan berdasar omongan orang.

Langkah keenam, berusaha qana'ah (menerima apa adanya) terhadap kondisi orang yang melamar. Sikap ini juga harus dimiliki oleh pria yang melamar agar terjalin kemesraan dan cinta ketika sudah berumah tangga.

Selengkapnya...

Beri Komentar