Puasa Utama Usai Ramadan Bukan Syawal?

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 29 Juni 2018 10:00
Puasa Utama Usai Ramadan Bukan Syawal?
Jangan bersedih karena tak sempat melakukan puasan sunnah syawal enam hari. Puasa ini dianggap lebih utama setelah Ramadan.

Dream - Tiap kali Ramadan usai, umat Islam disunahkan untuk melaksanakan puasa enam hari di bulan Syawal. Diyakini, pahala puasa Syawal sama seperti puasa selama setahun penuh.

Karena besarnya pahala itu, banyak yang memahami puasa Syawal sebagai puasa utama setelah Ramadan. Tetapi, puasa utama ternyata justru puasa Muharram.

Dikutip dari Islami.co, ada beberapa dalil yang menyatakan puasa Muharram atau juga dikenal dengan puasa Asyura. Beberapa di antaranya adalah hadis riwayat Muslim.

Rasulullah SAW bersabda, " Puasa paling utama setelah Ramadan adalah (puasa bulan) Muharram dan sholat yang paling utama setelah sholat fardlu adalah sholat malam."

Dalam riwayat lain dari Muslim, Abu Daud, dan Ahmad, Rasulullah Muhammad SAW pernah mendapat pertanyaan dari para sahabat.

" Sholat manakah yang lebih utama setelah sholat fardlu dan puasa manakah yang lebih utama setelah puasa Ramadan?" Rasulullah bersabda, " Sholat yang paling utama setelah sholat fardlu adalah sholat di tengah malam dan puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan adalah puasa pada bulan Allah (yakni) Muharram."

Puasa Asyura sendiri memiliki keutamaan. Salah satunya adalah menghapus dosa selama setahun sebelumnya.

Karena keutamaan ini, umat Islam sangat dianjurkan melaksanakan puasa Asyura setiap tanggal 10 Muharram. Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah ditanya keutamaan puasa Asyura.

" Rasulullah ditanya tentang puasa Asyura, Rasul menjawab, " Dapat menghapus dosa setahun sebelumnya."

Tidak hanya itu, puasa Asyura sangat diistimewakan oleh Rasulullah. Hal ini disebutkan dalam hadis riwayat Bukhari, dari Ibnu Abbas RA.

" Ibnu Abbas RA berkata, 'Saya tidak pernah melihat Nabi SAW memperhatikan puasa satu hari yang diutamakannya atas yang lainnya selain hari ini, hari Asyura dan bulan Ramadan'."

Selengkapnya...

Beri Komentar