Camkan Pesan Rasul Ini Jika Tinggal Serumah dengan Ipar

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 28 Juni 2018 20:00
Camkan Pesan Rasul Ini Jika Tinggal Serumah dengan Ipar
Meski keluarga, ipar bukanlah mahram.

Dream - Setelah menikah, mungkin banyak pasangan muda yang masih tinggal serumah dengan orangtua atau mertua. Tentu, mereka harus berbagi tempat tinggal dengan saudara atau saudari iparnya.

Jika sebagian dari kita menjalani hal ini, ada baiknya untuk berhati-hati. Sebab, ada pihak yang ternyata bukan mahram tinggal bersama dengan kita.

Terdapat sebuah riwayat yang tercantum dalam kitab Bukhari dan Muslim. Riwayat tersebut berisi peringatan Rasulullah Muhammad SAW bagi pasangan terhadap iparnya.

" Berhati-hati kalian masuk ke tempat para wanita!" Berkatalah seseorang dari kalangan Anshor, " Wahai Rasulullah, apa pendapatmu dengan ipar?" Rasulullah menjawab, " Ipar adalah maut."

Dalam Islam, status ipar bukanlah mahram atau orang yang haram dinikahi. Sehingga hubungan seorang suami dengan saudara perempuan kandung istrinya maupun sebaliknya berstatus seperti muslimin dan muslimat yang lain.

Karena berada di atap yang sama, kemungkinan terjadinya khalwat atau berduaan antara suami atau istri dengan iparnya sangat besar.

Rasulullah berpesan dalam hadis riwayat Ahmad dan Ibnu Hibban.

" Janganlah salah seorang dari kalian berkhalwat (berdua-duaan) dengan seorang wanita karena sesungguhnya setan adalah orang yang ketiga."

Selengkapnya...

Beri Komentar