Saat Sujud, Anggota Tubuh Mana yang Harus Menempel Lantai?

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 28 Juni 2018 15:00
Saat Sujud, Anggota Tubuh Mana yang Harus Menempel Lantai?
Sujud merupakan gerakan yang apabila ditinggalkan membuat sholat tidak sah.

Dream - Sujud merupakan salah satu rukun sholat yang tidak bisa ditinggalkan. Gerakan ini dilakukan dengan cara menempelkan bagian tubuh tertentu ke lantai.

Sujud dikatakan sah apabila bagian tubuh tertentu benar-benar menempel. Jika mengawang, maka sujud tidak sah dan sholat menjadi batal.

Ketentuan ini seperti tercantum dalam hadis riwayat Abu Daud dari Al Bara' bin Azib.

" Sesungguhnya Nabi SAW bersabda, 'Ketika kamu sujud, maka letakkanlah kedua tanganmu dan angkatlah kedua sikumu'."

Lantas, anggota tubuh mana saja yang harus menempel di lantai?

Dikutip dari bincangsyariah.com, anggota tubuh yang wajib menempel di lantai ketika sujud adalah dahi, dua telapak tangan, dua lutut dan ujung jari-jari kaki.

Hal ini diatur dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas RA.

" Aku diperintahkan untuk bersujud dengan bertumpu pada tujuh anggota badan, dari dan beliau (Rasulullah Muhammad SAW) berisyarat dengan menyentuhkan tangan ke hidung beliau, dua telapak tangan, dua lutut, dan ujung-ujung dua kaki."

Syeikh An Nawawi Al Bantani dalam kitab Kasyifatus Saja menjelaskan maksud dari perintah menempelkan anggota tubuh tersebut ke lantai ketika sujud. Saat sujud, dahi harus terbuka dan tidak boleh terhalangi benda apapun baik peci, rambut, atau lainnya.

Dahi yang dimaksud adalah bagian wajah yang terletak di antara dua pelipis dan di antara tumbuhnya rambut kepala hingga alis mata.

Sehingga mata, hidung maupun mulut tidak wajib dilekatkan ke lantai. Namun demikian, ada sebagian ulama yang menetapkan menempelkan hidung ke lantai adalah sunah.

Kemudian, telapak tangan disunahkan menempel ke lantai ketika sujud tanpa dihalangi sarung tangan dan sebagainya. Bisa ditempelkan sebagian dari telapak tangan, namun lebih baik jika seluruhnya.

Hal ini juga berlaku pada menempelkan ujung jari kaki. Sangat dianjurkan untuk menempelkan seluruhnya.

Sedangkan terkait lutut, disunahkan meletakkan kedua bagian tubuh ini lebih ketika sujud. Gerakan kemudian diteruskan dengan meletakkan telapak tangan lalu dahi.

Selengkapnya...

Beri Komentar