Sahkah Sholat dengan Pakaian Terkena Darah Nyamuk?

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 20 Februari 2017 20:01
Tidak semua orang tahan digigit nyamuk. Alhasil, seseorang memukul nyamuk saat sholat hingga meninggalkan noda darah di pakaian.

Dream - Banyak yang memandang darah termasuk najis. Dari pandangan itu, memunculkan pemahaman bahwa pakaian yang terkena darah tidak boleh digunakan untuk sholat.

Tetapi, masih ada keraguan bagi sebagian umat Islam terkait darah nyamuk. Sebagai contoh kasus, seseorang sedang sholat dan digigit nyamuk. Secara reflek, orang tersebut menapuk nyamuk hingga mati dan mengeluarkan darah sehingga menempel di pakaian.

Terkait persoalan ini, apakah sholat orang yang bersangkutan sah atau batal?

Dikutip dari laman Nahdlatul Ulama, persoalan ini dibahas oleh Imam An Nawawi. Dalam kitabnya Al Majmu' Syarah Al Muhadzdzab, An Nawawi memberikan penjelasan sebagai berikut.

" Apabila seseorang membunuh nyamuk dan kutu di baju, kulit, atau sela-sela jarinya, kemudian darah nyamuk tersebut mengotorinya, maka menurut Al Mutawalli hukumnya diperinci: tidak dapat ditolerir bila darahnya banyak dan ulama berbeda pendapat bila darahnya sedikit, menurut pendapat paling kuat, hukumnya dimaafkan. Begitu pula orang yang sholat menggunakan baju terkena darah nyamuk atau sholat di atas kain yang terkena darah nyamuk. Sholatnya dianggap tidak sah jika darahnya banyak dan jika darahnya sedikit, ulama berbeda pendapat."

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui belum ada kesepakatan dari para ulama terkait masalah ini. Meski begitu, pendapat yang cukup bisa dijadikan dasar adalah tidak sah jika darah nyamuk banyak, tetapi sholat tetap sah jika darah nyamuk yang menempel sedikit.

Namun demikian, akan lebih baik jika seseorang memastikan terlebih dahulu pakaian yang dia kenakan benar-benar terbebas dari najis sebelum sholat. Jika sedang sholat digigit nyamuk, sebaiknya sebisa mungkin menghindarkan diri membunuh nyamuk itu. Wallahu a'lam....

Selengkapnya baca di sini

Beri Komentar
Sonia Wibisino & Reisa Broto Asmoro Bagi Tips Jaga Kesehatan Anak