CONNECT WITH US!

Sholat Anak Belum Khitan Tidak Sah?

Reporter : Ahmad Baiquni | Jumat, 12 Januari 2018 19:01
Khitan dilakukan agar tak ada sisa najis.

Dream - Dalam sejumlah rujukan fikih, seorang pria Muslim memiliki kewajiban berkhitan. Yang dimaksud khitan adalah menghilangkan sebagian kulit yang menutupi kepala kemaluan (qulub).

Khitan wajib dilakukan bagi pria yang sudah baligh. Amalan ini dimaksudkan agar tidak tertinggal najis di kemaluan sehingga menghalangi sholat.

Tetapi, bagaimana dengan sholat anak yang belum khitan sementara dia sudah tamyiz (mampu membedakan baik dan buruk bagi dirinya)?

Dikutip dari laman Konsultasi Syariah, anak masuk kategori tamyiz yaitu ketika berusia mulai 7 tahun. Biasanya, anak dengan usia tersebut belum dikhitan, meski ada sebagian orangtua yang mengkhitan anaknya saat sudah hampir baligh.

Usia umumnya anak khitan terdapat pada hadis riwayat Bukhari, dari Ibnu Abbas RA. Ibnu Abbas pernah ditanya, 'Bagaimana keadaanmu ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam wafat?' Kata Ibnu Abbas,

Saya ketika itu sudah dikhitan. Dan dulu para sahabat anaknya tidak dikhitan sampai mendekati usia baligh.

Terkait sah tidaknya sholat anak tamyiz tapi belum khitan, terdapat hadis yang menjelaskan hal itu. Hadis tersebut riwayat Muslim, dari Ibnu Abbas RA.

Ibnu Abbas yang saat itu masih kecil pernah tidur di rumah Rasulullah SAW. Ketika masuk pertengahan malam, Rasulullah bangun, mengambil wudhu, dan Ibnu Abbas berwudhu bersama beliau. Ketika Nabi SAW mulai sholat, Ibnu Abbas berdiri di samping kiri beliau, lalu dipindah Nabi SAW ke sebelah kanan beliau. Dalam kondisi itu, Ibnu Abbas bercerita, " Ketika saya ngantuk, beliau menjewer telingaku. Dan beliau sholat 11 rakaat.

Hadis di atas menunjukkan bahwa anak yang belum khitan sholatnya tetap sah.

Selengkapnya...

Vidi Aldiano Takut Banget Sama Kucing!