Tata Cara Sholat Istikharah Menurut Sunnah, Lengkap Dengan Niat, Bacaan, dan Doa

Reporter : Sugiono
Kamis, 15 November 2018 09:01
Tata Cara Sholat Istikharah Menurut Sunnah, Lengkap Dengan Niat, Bacaan, dan Doa
Kita perlu mengetahui tata cara shalat istikharah menurut sunnah, lengkap dengan niat, bacaan dan doanya. Termasuk tata cara shalat istikharah memilih jodoh, pekerjaan, sekolah, dan sebagainya.

Dream - Saat dihadapkan pada beberapa pilihan, umat Islam dianjurkan untuk meminta petunjuk kepada Allah melalui sholat istikharah.

Sholat istikharah adalah sholat sunnah yang dikerjakan ketika seseorang berhadapan dengan dua pilihan yang berat dan mendesak.

Dengan sholat istikharah, kita akan mampu membuat pilihan yang benar dan terbaik menurut petunjuk Allah.

Panduan cara memilih yang syar'i ini merupakan wujud kasih sayang Allah kepada manusia yang cenderung penuh keraguan.

Tata cara sholat istikharah perlu dipelajari karena sholat sunnah ini akan memudahkan umat dalam menentukan pilihan yang sulit dan membingungkan.

Banyak hal yang mendasari orang mempelajari tata cara sholat istikharah. Salah satunya yang paling terkenal adalah tata cara sholat istikharah memilih jodoh.

Selain itu ada juga yang ingin mempelajari tata cara sholat istikharah minta petunjuk dan memilih pekerjaan.

Tidak sedikit juga yang belajar tata cara sholat istikharah memilih sekolah, jurusan kuliah. dan sebagainya.

Sayangnya, tidak semua umat Islam memahami dan mengetahui tata cara sholat istikharah menurut sunnah.

Tentang tata cara sholat istikharah menurut sunnah sebenarnya sudah diajarkan langsung oleh Rasulullah Muhammad SAW secara gamblang.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah tata cara sholat istikharah menurut sunnah, lengkap dengan niat, bacaan dan doanya.

 Keistimewaan Shalat Dhuha

Tata cara sholat istikharah menurut sunnah, lengkap dengan niat, bacaan & doanya

Dalil sholat istikharah

sholat istikharah adalah sholat sunnah berjumlah 2 rakaat yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk menentukan pilihan yang mendesak.

Sebelumnya, masyarakat jahiliyah melakukan istikharah (menentukan pilihan) dengan menggunakan azlam (undian).

Namun Allah melarang cara tersebut dan menggantinya dengan sholat istikharah setelah mengangkat Nabi Muhammad SAW sebagai Rasulullah.

Mengenai dalil sholat istikharah, hadits Shahih Bukhari menjelaskan:

Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah SAW mengajarkan kami cara mengerjakan sholat istikharah dalam segala urusan, sebagaimana beliau mengajarkan kami Surat Alquran.

Rasulullah bersabda: " Jika salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan sholat dua rakaat selain sholat fardlu..."  (HR. Ahmad, Al-Bukhari, Ibn Hibban, Al-Baihaqi dan yang lainnya)

Waktu sholat istikharah

Waktu sholat istikharah mengikuti waktu dari sholat sunnah yang telah dikerjakan. Artinya, sholat istikharah tidak memiliki batasan tertentu untuk waktu pelaksanaannya.

Namun, jika dikerjakan berdiri sendiri dengan niat khusus sholat istikharah, maka sebaiknya tidak melaksanakannya pada waktu-waktu di mana sholat sunnah dilarang untuk dikerjakan.

Meski demikian ada anjuran untuk melaksanakannya di waktu sepertiga malam, bersamaan dengan pelaksanaan sholat tahajud.

Dalam hadits dikatakan jika jumlah rakaat dalam sholat istikharah adalah 2 rakaat. Adapun 2 rakaat tersebut bisa berdiri sendiri dengan niat khusus sholat istikharah, atau digabung dengan niat yang lain seperti sholat sunnah rawatib.

 Larangan Shalat dan Puasa Bagi Wanita Haid Bikin Sehat

Niat sholat istikharah

Jika ingin sholat istikharah terasa mantap, niat boleh diucapkan. Niat sholat istikharah adalah sebagai berikut:

USSHOLLI SUNNATAN ISTIKHOROTI RAK’ATAINI LILLAHI TA’ALA

Artinya: Saya berniat sholat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala

Namun, niat itu sebenarnya tempatnya ada di dalam hati, jadi tidak perlu diucapkan. Menghadirkan niat sholat istikharah di hati harus disertai dengan rasa pengharapan dan menyerahkan atas segala urusan hanya kepada Allah semata.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
TOP 3 Gara-Gara BTS, Menara Seoul jadi Ungu