Irjen Ferdy Sambo Resmi Dicopot dari Kadiv Propam, Ini Daftar Lengkap Personel Polri yang Dimutasi

Reporter : Nabila Hanum
Kamis, 4 Agustus 2022 22:39
Irjen Ferdy Sambo Resmi Dicopot dari Kadiv Propam, Ini Daftar Lengkap Personel Polri yang Dimutasi
Ferdy Sambo resmi dicopot dari Kadiv Propam, ia dimutasi sebagai pati Yanma Polri.

Dream - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo langsung melakukan mutasi internal buntut tewasnya Nopryansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo pada 8 Juli lalu.

Dalam Surat Telegram (ST) Nomor: STI/1628/VIII/KEP./2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri, disebut bahwa Ferdy Sambo resmi dicopot dari Kadiv Propam. Posisinya digantikan oleh Syahardiantono.

Syahar sebelumnya menjabat Wakabareskrim. Sementara posisi baru Irjen Ferdy sebagai pati Yanma Polri.

1 dari 5 halaman

Selanjutnya, Karopaminal Brigjen Pol Hendra Kurniawan digeser sebagai Pati Yanma Polri. Posisinya digantikan oleh Anggoro Sukartono. Anggoro sebelumnya menjabat Karo Waprov Divpropam Polri.

Kombes Agus Wijayanto juga digeser dari Sesro Waprof Divpropam Polri, menjadi Karo Waprof Divpropam Polri.

Selanjutnya, Brigjen Pol Benny Ali, Karo Provos Divpropam Polri, dimutasikan sebagai Pati Yanma Polri. Kombes Pol Gupuh Setiono sebagai Kabag Yanduan Divpropam Polri diangkat sebagai Karo Provos Divpropam Polri.

2 dari 5 halaman

Kombes Pol Heni Setiawan Nugraha Nasution SroPaminal Divpropam Polri dimutasikan sebagai Pamen Yanma Polri.

Kemudian, Kombes Pol Edgar Diponegoro Kabag Binpamropaminal Divpropam Polri diangkat sebagai Sesro Paminal Divpropam Polri. Kombes Pol Agus Nur Patria, Kadena Ro Paminal Divpropam Polri dimutasikan sebagai Pamen Yanma Polri.

Selanjutnya, AKBP Arif Rahman Arifin wakaden B Ropaminal Propam Polri dimutasikan sebagai Pamen Yanma Polri. Kompol Baikuni Wibowo PS, Kasubbag Riksa Rowatprof Propam Polri dimutasi sebagai pamen Yanma Polri

3 dari 5 halaman

Kompol Cuh Putranto PS Kasubag Audit Rowatprof Oropam Polri, dimutasi menjadi pamen Yanma Polri. AKBP Ridwan Nelson Subangkit, Kasat Reskrim Polres Metro Jaksel, dimutasi menjadi Pamen Yanma Polri.

Serta AKP Yusa Rizal, Kanit I Satreskrim Polres Metro Jaksel juga dimutasi sebagai Pamen Yanma Polri

" Yang dimutasi sebagai pamen Yanma Polri dalam status proses diperuksa oleh Irsus Timsus," kata Kadiv Humas Polri, Brigjen Pol Dedy Prasetyo.

4 dari 5 halaman

4 Perwira Polisi Diduga Hambat Penanganan Kasus Brigadir J Diisolasi Sebulan di Tempat Khusus

Dream - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap bahwa ada empat personel polisi yang sedang menjalani isolasi atau penempatan di sebuah lokasi khusus. Keempat personel polisi itu diduga melakukan pelanggaran terkait penganan kasus tewasnya Brigadir Nopryansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

" Malam ini ada empat orang yang kita tempatkan di tempat khusus selama 30 hari. Dan sisanya kita akan proses sesuai dengan keputusan Timsus (tim khusus,red) apakah masuk pidana atau masuk etik," kata Sigit dalam konferensi pers di Mabes Polri, Kamis 4 Agustus 2022.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo merinci keempat orang yang sudah ditempatkan di tempat khusus itu terdiri dari personel dengan pangkat perwira pertama dan perwira menengah.

5 dari 5 halaman

" Diamankan tiga orang itu dari Jakarta Selatan semuanya dan satu lagi nanti saya infokan nanti, dari Polda Metro," ucapnya.

Sebelumnya, Kapolri menyebut pihaknya telah memeriksa 25 personel Polri karena diduga tidak profesional dalam penanganan TKP kasus Brigadir J. Puluhan personel tersebut menjalani proses pemeriksaan terkait dengan pelanggaran kode etik.

Ke-25 personel tersebut, kata Sigit, terdiri dari tiga jenderal bintang satu dan lima kombes. Tiga personel AKBP, 2 personel berpangkat Kompol, 7 personel Pama, dan lima personel Bintara dan Tamtama.

" Dari kesatuan di Propam, Polres (Jakarta Selatan) dan juga beberapa personel dari Polda Metro Jaya dan Bareskrim," ujar Sigit.

Kapolri mengatakan, akan mengeluarkan Telegram Rahasia (TR) khusus menyusul pemeriksaan terhadap 25 personel polisi dilakukan tim khusus dipimpin Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Agung Budi Maryoto.

" Malam ini akan saya keluarkan TR khusus untuk memutasi," kata Sigit

Beri Komentar