Doa Agar Rezeki Orang Tua Lancar, Insya Allah Mengalir Deras dan Barokah

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 9 Desember 2022 06:01
Doa Agar Rezeki Orang Tua Lancar, Insya Allah Mengalir Deras dan Barokah
Ini dia bacaan doa agar rezeki orang tua lancar!

Dream – Perjalanan hidup keluarga tentu tidak selamanya berjalan mulus. Ada cobaan yang hadir silih berganti dari Allah sebagai sarana untuk membuat jiwa semakin kuat. Kebahagiaan dalam sebuah keluarga berasal dari dua faktor, yaitu kebutuhan materi dan kebutuhan jiwa.

Kebutuhan materi dibutuhkan untuk menyediakan makanan, tempat tinggal, dan kebutuhan lainnya. Namun hal itu tidak cukup jika kebutuhan jiwa tidak terpenuhi, seperti kasih sayang dan perhtian sesama anggota keluarga.

Agar aktivitas orangtua lancar dalam mencari rezeki, setiap anak dianjurkan mendoakannya setiap hari. Doa agar rezeki orang tua lancar sebaiknya diamalkan setiap usai sholat. Jika rezeki orang tua lancar, maka kebutuhan sang anak pun juga terpenuhi.

Berikut bacaan doa agar rezeki orang tua lancar yang perlu diketahui setiap anak shaleh.

1 dari 5 halaman

Lafal Doa Agar Rezeki Orang Tua Lancar

Sebenarnya ada banyak doa yang berkaitan dengan kelancaran rezeki orang tua. Berikut salah satu doa agar rezeki orang tua lancar:

اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اَسْئَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِيْ رِزْقًا حَلَالًا وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعْبٍ وَلَا مَشَقَّةٍ وَلَا ضَيْرٍ وَلَا نَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٍ

Innaka 'ala kulli ta'bin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin wa laa nashobin rizqan halalan wasi'an thoyyiban min ghairin, allahumma innii as'aluka an-tarzuqani syai-in qadir.

Artinya:

“ Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa lelah dalam memerolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu."

 

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 5 halaman

Doa Agar Rezeki Orang Tua Lancar Lainnya

Membaca doa adalah wujud pengharapan kepada Tuhan agar keinginan terkabul. Meminta rezeki kepada Allah adalah sebuah keharusan, karena hanya Allah-lah tempat kita meminta. Justru apabila kita meminta kepada selain Dia, maka kita akan jatuh ke dalam lubang kemusyrikan.

Berikut bacaan doa agar rezeki orang tua lancar yang bersumber dari ayat Surat Al-Maidah ayat 114:

Rabbana anzil 'alaina ma'idatam minas sama'i takunu lana 'idal li' awwalina wa akhirina wa ayatam minka warzuqna wa anta khairur raziqin.

Artinya:

" Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan-Mu, berikanlah kami rezeki dan Engkaulah Pemberi rezeki yang paling utama."

3 dari 5 halaman

Amalan Pagi gar Rezeki Orang Tua Lancar

1. Sholat Tahajud

Waktu yang paling utama melaksanakan sholat Tahajud adalah dengan melakukan pada sepertiga malam. Rasulullah SAW bersabda;

" Ketika kalian tidur, setan membuat tiga ikatan di tengkuk kalian. Di setiap ikatan setan akan mengatakan ‘malam masih panjang, tidurlah !’ Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan, kemudian jika ia berwudhu, lepas lagi ikatan berikutnya. Selanjutnya jika ia mengerjakan shalat, lepaslah ikatan yang terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, jiwanya jadi kotor dan malas." (HR Bukhari)

Jika kita bangun dan melaksanakan sholat tahajud, maka akan berpengaruh pada peningkatan motivasi kerja.

4 dari 5 halaman

2. Membaca Doa Pagi

Berdoa dan berharap kepada Allah SWT semata untuk meminta ampunan, memohon kebaikan akhirat dan kebaikan dunia agar dilancarkan segala rezeki. Rasulullah SAW bersabda;

" Tuhan kami Tabaraka Wa Taala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata ‘Siapa yang berdoa kepadaKu, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta kepadaKu, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun kepadaKu, pasti akan aku ampuni’”. (HR Bukhari dan Muslim)

3. Bersedekah di Pagi Hari

Sedekah sebenarnya bisa dilakukan dalam waktu apapun, namun akan lebih baik jika dilakukan pada pagi hari. Ini karena setiap malaikat akan mendoakan orang yang bersedekah pada pagi hari. Rasulullah SAW bersabda:

" Tidaklah berlalu pagi di setiap hari kecuali ada dua malaikat yang turun dan berdoa “ Ya Allah berikanlah ganti pada yang berinfaq.” Sedangkan malaikat yang satunya berdoa “ Ya Allah berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan berinfaq.” (HR Bukhari dan Muslim)

5 dari 5 halaman

4. Melaksanakan Sholat Dhuha

Apa istimewanya melaksanakan salat Dhuha? Rasulullah SAW bersabda;

" Engkau membersihkan dahak yang ada dalam Masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah sedekah. Maka jika engkau tidak menemukannya (sedekah sebanyak itu) maka dua rakaat dhuha sudah mencukupimu." (HR Abu Dawud)

Salat Dhuha dua rakaat, maka setara dengan bersedekah 360 kali yang merupakan hak dari persendian yang kita miliki. Sedangkan apabila kita melaksanakan shalat dhuha empat rakaat maka Allah akan menjamin atas rezeki kita.

Demikian itulah penjelasan doa agar rezeki orang tua lancar beserta amalan yang bisa dilakukan seorang anak setiap pagi. Amalan tersebut merupakan bentuk ikhtiar agar rezeki orang tua lancar bagaikan aliran sungai yang deras tak terbendung.

Beri Komentar