Prasasti Diduga 10 Perintah Nabi Musa Ditawar Rp11 Miliar

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 20 November 2016 10:02
Prasasti Diduga 10 Perintah Nabi Musa Ditawar Rp11 Miliar
Meski sudah dibeli, prasasti diduga tulisan 10 perintah Nabi Musa ini masih bisa dilihat publik.

Dream – Sebuah naskah batu tertua yang diduga berisi tulisa 10 perintah untuk Nabi Musa, bisa menjadi yang termahal di dunia. Naskah yang dipahat di batu marmer ini ditawar dengan nilai yang sangat tinggi.

Penawarannya menembus angka Rp11 miliar.

Dilansir dari Mirror, Minggu 20 November 2016, sebuah lembaga yang mengurus kekayaan negara di Israel mendaftarkan  10 naskah Samaria yang berbahasa Ibrani dan Arab dipahat di batu pualam itu.

Naskah ini berasal dari pintu masuk sebuah rumah ibadah yang dihancurkan oleh bangsa Romawi antara thaun 400-600 Masehi oleh Tentara Salib pada abad ke-11. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Lembaga Pelelangan Ancient Coints and Antiquities, David Michaels.

Lembaga tersebut menyebut naskah-naskah ini dilelang dan harganya dibuka mulai US$300 ribu atau Rp4,03 miliar. Namun, penawaran sampai saat ini disebut telah menembus angka US$850 ribu (Rp11,41 miliar).

Pemenangnya lelang nantinya akan mendapatkan naskah batu setinggi dua kaki. Otoritas Peninggalan Sejarah Israel setuju mengekspor potongan naskah tersebut ke Amerika Serikat pada tahun 2005. Meskipun demikian, naskah tersebut akan tetap dipajang untuk publik.

“ Prasasti yang terjual ini tidak berarti tersembunyi dari publik,” kata dia.

Sekadar informasi, naskah ini tengah diteliti oleh Living Torah Museum di Brooklyn, New York, Amerika Serikat.(Sah)

Beri Komentar