Tak Cuma di Indonesia, Agen Travel Haji Palsu Intai Muslim Inggris

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 8 April 2019 18:01
Tak Cuma di Indonesia, Agen Travel Haji Palsu Intai Muslim Inggris
Polisi Inggris sudah mengkampanyekan bahaya ini sejak 2014.

Dream - Penipuan berkedok perjalanan ibadah haji tak hanya terjadi di Indonesia. Modus semacam ini juga menimpa sejumlah umat Islam di Inggris.

The Civil Aviation Authority (CAA) menyebut, paket palsu dan diskon ilegal perjalanan haji telah muncul dalam beberapa bulan terakhir.

Dilaporkan The Star, CAA kini mengkampanyekan cara memilih agen perjalanan haji dengan reputasi baik. Organisasi itu berharap sebanyak 25.000 muslim Inggris dapat nyaman menjalankan ibadah haji.

" Ketika kami memasuki periode pemesanan yang sibuk untuk perjalanan haji, kami mengingatkan konsumen untuk teliti terhadap agen perjalanan yang dipesan," kata Direktur CAA, Paul Smith.

Smith berharap, konsumen juga mengecek agen perjalanan yang telah berlisensi Air Travel Organisers' Licensing (ATOL).

Dari sejumlah laman, perjalanan ibadah haji dari Inggris ditawarkan dengan harga sekitar 4.333 poundsterling (setara Rp80,2 juta) hingga 4.555 poundsterling (setara Rp84,3 juta).

1 dari 1 halaman

Sejak 2014

Salah satu korban Mohammed, 36 tahun, asal Brimingham, mengaku kehilangan uang sebesar 4.500 poundsterling akibat aksi penipuan ini. Dia menyebut telah membayar uang tersebut ke pihak agen perjalanan, namun hingga mendekati waktu haji, dia tak mendapat tiket pesawat menuju Arab Saudi.

" Aku percaya mereka akan membawaku ibadah haji ke Mekah. Mendekati musim haji tidak ada tiket keberangkatan dan agen perjalanan haji itu berhenti meneleponku, hingga suatu titik aku percaya telah jadi korban penipuan haji," kata Mohammed.

Berdasarkan laman resmi kepolisian Inggris, sejak 2014 kampanye bahaya agen perjalanan haji palsu telah diumumkan.

Kepolisian juga membuka layanan telepon seandainya ada korban dari aksi penipuan itu.(Sah)

Beri Komentar