Rencana Pemakaman Jenazah Paku Alam IX

Reporter : Puri Yuanita
Minggu, 22 November 2015 09:50
Rencana Pemakaman Jenazah Paku Alam IX
Almarhum meninggal setelah mengalami sakit komplikasi yang telah dirasakannya sejak lama.

Dream - Meninggalnya wakil gubernur daerah istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Paduka Paku Alam IX telah diterima sepenuhnya oleh pihak keluarga. Seperti dijelaskan sebelumnya jika almarhum meninggal setelah mengalami sakit komplikasi yang telah dialaminya sejak lama.

Pihak humas Rumah Sakit Umum Sardjoto, Trisno Heru Nugroho telah mengeluarkan pernyataan resmi mengenai hal ini. Penyerahan jenazah secara kenegaraan kepada pihak kerotan Yogyakarta akan segera dilakukan.

Sedangkan untuk rencana pemakamannya sendiro, Heru belum mengetahui secara pasti. Tapi biasanya, jika ada pejabat keraton yang meninggal tidak akan dikuburkan secara langsung.

" Kalau yang sudah-sudah kalau ada keluarga keraton yang meninggal menunggu dulu sanak saudara hingga berkumpul semua," ungkap Heru pada Sabtu, 21 November 2015.

Lebih lanjut Heru menjelaskan, menurut kebiasan dan tradisi di Keraton Yogyakarta akan menguburkan jenazah hingga dua hari setelah meninggalkan. Hampir bisa dipastikan jenazah Sri Paduka Paku Alam IX juga akan dikuburkan dua hari lagi.

Selebihnya, menurut peraturan yang berlaku untuk gelar Paku Alam akan dikuburkan di daerah Kulonprogo. " Berbeda dengan kesultanan ya," jelas Heru menutup pembicaraan. 

Beri Komentar