Fitur Baru WhatsApp, Mau Coba?

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 16 Agustus 2019 10:02
Fitur Baru WhatsApp, Mau Coba?
Ada sejumlah perubahan penting.

Dream - WhatsApp menambahkan fitur baru. Fitur itu mengonfirmasi kabar yang muncul Februari 2019 mengenai penambahan fitur pengunci layar.

Fitur itu berupa autentifikasi Touch ID untuk masuk ke WhatsApp. Dilaporkan GSM Arena, pembaruan fitur WhatsApp 2.19.221, itu telah tersedia untuk pengetesan beta.

Untuk menjajal fitur ini, kamu dapat menuju Setting-Account-Privacy-Fingerprint.

 Penampakan fitur baru WhatsApp (GSM Arena)© GSM Arena

Penampakan fitur baru WhatsApp (GSM Arena)

Setelah terverifikasi, kamu dapat menggunakan sidik jari untuk mengotentifikasi tiap waktu menggunakan aplikasi.

Kamu tetap dapat menjawab panggilan ketika meskipun WhatsApp terkunci. Tetapi, tidak semua versi WhatsApp dapat menggunakan pengaturan terbaru ini.

 

1 dari 4 halaman

Terkunci

 Penampakan fitur baru WhatsApp (GSM Arena)© GSM Arena

Penampakan fitur baru WhatsApp (GSM Arena)

Selain mengunci secara manual, kamu dapat menyetel sistem kunci otomatis menggunakan berdasarkan durasi waktu. WhatsApp dapat terkunci setelah 1 menit atau setelah 30 menit.

Setelah terkunci, pengguna dapat membuka kembali WhatsApp yang telah terkunci menggunakan sidik jari.

Kotak dialog yang biasanya muncul ketika ada pesan, akan tertutup. `Content hidden due to fingerprint lock`, bunyi kotak tersebut.

WhatsApp menggunakan sistem otentifikasi biometrik Android. Sistem sidik jari ini tidak dikirim ke Facebook pribadi pemiliknya.

Meski begitu, belum diketahui secara jelas kapan versi fitur yang lebih stabil dari pembaruan ini.

2 dari 4 halaman

Down Semalaman, WhatsApp Cs Minta Maaf

Dream - Para pengguna WhatsApp sempat dibuat frustasi semalaman. Aplikasi percakapan ini sempat down atau tumbang.

Banyak pengguna mengeluhkan kondisi ini lantaran tidak bisa mengunggah foto serta video. Demikian pula dengan pesan suara, juga tidak bisa diunggah.

Kondisi ini ternyata juga terjadi pada Facebook dan Instagram. Dua aplikasi 'saudara' WhatsApp itu juga mengalami masalah sehingga para pengguna tidak bisa membuat ataupun melihat unggahan.

Pagi ini, layanan tiga aplikasi grup Facebook tersebut sudah kembali normal. Facebook lewat akun Twitternya memohon maaf atas gangguan yang telah terjadi.

" Di awal hari ini, beberapa orang dan pengusaha mengalami masalah saat mengunggah atau mengirim gambar, video, dan file-file lainnya pada apps dan platform kami. Kondisi ini sudah tertangani dan kami akan kembali 100% untuk semua orang. Kami memohon maaf atas semua ketidaknyamanan," tulis Facebook.

Demikian pula dengan Instagram. Lewat Twitter, aplikasi ini menyatakan sudah kembali normal.

" Kami kembali! Masalah sudah tertangani dan kami akan kembali 100% untuk semua orang. Kami mohon maaf atas segala ketidaknyamanannya," tulis Instagram.

3 dari 4 halaman

WhatsApp Tak Pernah Beri Peringatan

Dikutip dari Independent, para pengguna mendapatkan pesan 'gagal' ketika sedang mengunduh file. Proses unduh seketika terhenti dan gambar muka file menjadi buram.

" Coba lagi. Jika masalah tetap terjadi, coba matikan Wi-Fi atau VPN, atau hubungkan pada jaringan Wi-Fi lainnya," demikian pesan yang tertera di layar WhatsApp.

Sebelumnya, keluhan banyak muncul dari para pengguna di Inggris dan Amerika Selatan yang disampaikan lewat laman Down Detector. Sejumlah laporan rata-rata mengeluhkan masalah saat menggunakan WhatsApp untuk mengirim sesuatu.

Seperti yang sudah pernah terjadi, WhatsApp tidak memberikan pernyataan apapun terkait masalah yang muncul. Demikian pula yang terjadi pada malam tadi.

Aplikasi ini sebenarnya memiliki akun Twitter yang bisa dimanfaatkan untuk memperingatkan pengguna jika akan ada masalah. Sayangnya, sudah sejak lima tahun lalu akun tersebut tidak pernah digunakan.

4 dari 4 halaman

WhatsApp Tak Bisa Dipakai di Windows Phone Mulai 1 Juli

Dream - Pengguna ponsel bersistem operasi Windows Phone perlu waspada. Sejak 1 Juli 2019, WhatsApp tak akan lagi memberikan layanan pembaruan melalui Microsoft Store.

Informasi itu disampaikan WhatsApp di laman resminya. WhatsApp juga menyampaikan, aplikasi perpesanan daring ini juga akan berhenti beroperasi di Windows Phone dan Windows 10 Mobile selepas 31 Desember 2019.

Meski demikian, dilaporkan On Msft, ketentuan yang disampaikan WhatsApp terkesan masih abu-abu.

Tidak jelas, apakah pengguna yang menginstalasi layanan WhatsApp sebelum 1 Juli 2019 masih bisa menggunakan aplikasi ini hingga 31 Desember 2019.

Dalam pernyataan umum mengenai platform yang tidak didukung, perusahaan milik Facebook itu juga mengatakan, " karena kita tidak lagi secara aktif mengembangkan sistem operasi ini, beberapa fitur mungkin berhenti berfungsi kapan saja."  

Selain Windows Phone, WhatsApp juga akan berhenti bekerja setelah 1 Februari 2020 di Android versi 2.3.7. Sementara itu, WhatsApp juga akan berhenti pada iOS 7.

Beri Komentar
5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin