Corona Belum Hilang, Kota Ini `Diserang` Belalang

Reporter : Sugiono
Kamis, 28 Mei 2020 08:36
Corona Belum Hilang, Kota Ini `Diserang` Belalang
Wabah belalang ini mampu menghabiskan pasokan makanan untuk 34 ribu orang dalam sehari.

Dream - Tahun 2020 mungkin menjadi salah satu tahun terburuk yang pernah dialami oleh negara India. Belum genap enam bulan memasuki tahun 2020, India telah mengalami berbagai bencana.

Selain badai Amphan dan pandemi Covid-19, kini negara tersebut menghadapi wabah belalang yang menyerang puluhan distrik di Rajasthan, Gujarat, Madhya Pradesh, dan Uttar Pradesh.

Negara bagian seperti Rajasthan dan Gujarat sudah dilanda serangan wabah belalang pada awal tahun ini. Sekarang, jutaan belalang itu mulai menyerang Madhya Pradesh, Rajasthan dan Uttar Pradesh.

1 dari 5 halaman

Berasal dari Iran dan Pakistan

Belalang-belalang ini lahir dan tumbuh dewasa di Iran dan Balochistan di Pakistan sebelum masuk ke Rajasthan, Gujarat dan Punjab di India.

Tidak hanya para petani, pejabat di wilayah yang akan dilewati jutaan belalang ini telah diberi peringatan agar mereka bersiap-siap.

Pada 20 Mei, kawanan belalang terlihat di distrik Dausa, Rajasthan. Dalam lima hari, mereka sudah terbang sejauh 200 km untuk mencapai Ajmer.

Di Rajasthan, sebanyak 16 distrik diserang wabah belalang. Sementara di Uttar Pradesh terdapat 17 distrik yang terdampak. Madhya Pradesh dilaporkan mengalami salah satu serangan belalang yang terburuk dalam 27 tahun terakhir.

2 dari 5 halaman

Kawanan Belalang Sepanjang 3 Kilometer

Pemerintah distrik Jhansi di Uttar Pradesh telah mengarahkan dinas pemadam kebakaran untuk menyiapkan mobil damkar yang dilengkapi cairan pestisida yang mampu membunuh belalang.

Wakil Direktur Pertanian Kamal Katiyar mengatakan belalang yang bergerak di wilayahnya berukuran kecil.

" Kami mendapat kabar bahwa kawanan belalang sepanjang 2,5 hingga 3 kilometer telah memasuki negara ini. Sebuah tim telah datang dari Kota (Rajasthan) untuk menangani belalang itu," kata Katiyar.

3 dari 5 halaman

Serangan Belalang Terbesar dala Satu Dekade

Di Madhya Pradesh, kawanan belalang telah menimbulkan malapetaka di setidaknya 12 distrik. Mereka menghancurkan tanaman pangan dalam serangan terbesar dalam satu dekade.

Kawanan belalang pertama kali memasuki Mandsaur dan Neemuch pada 17 Mei sebelum menyapu 10 distrik lainnya di Madhya Pradesh.

Meskipun kawanan belalang bukanlah hal baru di India, tapi kemunculan mereka semakin sering belakangan ini.

4 dari 5 halaman

Mengancam Ketahanan Pangan

Belalang dapat merusak tanaman pangan dan menghancurkan mata pencaharian orang-orang dalam rantai pemasok makanan.

Selain itu, Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) mengatakan serangan belalang dapat menjadi ancaman bagi ketahanan pangan.

FAO juga menyatakan kawanan belalang seluas satu kilometer persegi, yang berisi sekitar 40 juta ekor, dapat menghabiskan bahan pangan untuk 35.000 orang dalam sehari. Dengan asumsi bahwa setiap individu mengonsumsi 2,3 kg makanan per hari.

5 dari 5 halaman

Lihat Videonya

Ngeri, jutaan belalang menyerang India di tengah pandemi Covid-19. Mereka menghancurkan tanaman pangan dan mengancam keselamatan pengguna kendaraan di jalan raya.

Beri Komentar