Hukum Berhubungan Intim Saat Haid

Reporter : Irma Suryani
Sabtu, 20 Februari 2016 07:02
Hukum Berhubungan Intim Saat Haid
Hal ini jelas ditulis di Al Quran, Surat Al Baqarah Ayat 222

Dream- Pasangan suami istri tentu harus mengerti dan tahu bagaimana adab dalam berhubungan badan.

Ketika sang istri sedang mengalami datang bulan, tidak diperkenankan suami untuk mengajak sang istri melakukan hubungan badan. Hal ini tertulis dalam surat Al Baqarah ayat 222. 

“ Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah: ‘Haid itu adalah suatu kotoran.’ Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari perempuan di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.

Ayat ini diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW setelah menerima pertanyaan dari Anas bin Malik ra, seperti yang tertulis dalam hadits riwayat Imam Muslim dan Tirmidzi.

Ketika Anas datang dan bertanya kepada Baginda Rasulullah SAW, bahwa umat Yahudi memiliki kebiasaan menjauhi istrinya ketika dalam keadaan haid. Bahkan mereka tidak makan, minum bersama, sampai tidak tinggal di rumah yang sama sampai masa menstruasi sang istri selesai.

Mendapatkan pertanyaan ini, Allah SWT menurunkan wahyu kepada Nabi Muhammad melalui surat Al Baqarah ayat 222. Nabi menjelaskan suami tetap bersama, makan dan minum serta tinggal di satu atap dengan sang istri yang sedang haid, kecuali berhubungan badan. 

(Ism) 

 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi 

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri