Alasan Wanita Diperbolehkan Tidak Puasa Saat Haid

Reporter : Ayik
Jumat, 26 Juni 2015 11:45
Alasan Wanita Diperbolehkan Tidak Puasa Saat Haid
Di masa haid, diperkirakan wanita kehilangan darahnya sebanyak 34 mililiter. Kadar yang sama pada cairan lainnya.

Dream - Selama bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan berpuasa. Bagi yang tidak berpuasa tanpa adanya alasan syar’i maka berdosa. Ada beberapa kondisi di mana kita boleh tidak berpuasa, bahkan diharamkan berpuasa. Salah satunya adalah bagi wanita yang sedang datang bulan (haid).

Hal ini dijelaskan oleh Rasulullah saw., sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan Dari Abu Said Al-Hudri, Rasulullah SAW bersabda: ”…Bukankah jika (seorang wanita) haid ia tidak shalat dan tidak puasa?” (HR. Bukhari dan Muslim).

Islam sebagai ajaran yang sempurna dan bersifat insaniah, begitu paham kondisi manusia. Demikian juga dengan wanita yang sedang haid. Di masa haid, diperkirakan wanita kehilangan darahnya sebanyak 34 mililiter. Kadar yang sama pada cairan lainnya.

Sehingga pada masa haid banyak kaum wanita yang merasa sakit dan lemas. Para ahli medis menganjurkan agar ketika dalam keadaan haid, wanita banyak beristirahat dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Seperti makan makanan kaya zat besi (contohnya bayam, daging-dagingan, dan ati ampela), makanan tinggi protein (contohnya telur dan ikan), makanan tinggi serat (sayur berdaun dan buah-buahan), dan sumber vitamin C yang membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Ingin tahu lebih lanjut? Yuk selengkapnya Baca di sini 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan