Bahaya Wanita yang Hobi Berutang

Reporter : Puri Yuanita
Kamis, 15 Desember 2016 09:01
Bahaya Wanita yang Hobi Berutang
Bahaya berutang biasanya memiliki dampak lebih besar pada wanita.

Dream - Berutang atau meminjam sesuatu (umumnya berupa uang) dari orang lain kadang menjadi jalan terakhir saat kita kepepet. Sekilas memang bisa membantu dan melegakan untuk beberapa saat. Namun ini hanya sementara.

Kalau sudah jatuh tempo dan kita belum ada anggaran untuk menggantinya, wah repot. Bahaya berutang biasanya memiliki dampak lebih besar pada wanita.

Seperti apa dampaknya? Berikut ulasannya.

1. Terbiasa hidup boros

Wanita yang hobi berutang biasanya tidak peduli dengan pengeluaran yang dia lakukan. Jika kita terbiasa berutang, semua uang yang kita miliki saat ini biasanya akan dihabiskan saat itu juga.

Soal hidup atau tidaknya nanti, dipikirkan belakangan. Hal ini karena kita berpikiran uang akan datang lagi, jika sangat terpaksa kan bisa berutang.

Biasanya wanita yang hobi berutang juga akan mencanangkan gaji atau uang yang akan dia terima untuk membayar utang, " Nanti uangnya aku ganti pas gajian ya." Klise kan? Padahal kita belum tahu bulan depan kebutuhan kita seperti apa.

 

1 dari 3 halaman

Stres dan Banyak Bohong

2. Stres

Semakin sering kita berutang, kita akan diliputi perasaan stres berkepanjangan. Bagaimana tidak, kita masih harus memikirkan uang yang harus dikembalikan sementara dompet tipis kering.


3. Cenderung banyak berbohong
Jika kita melewati tenggat batas pembayaran, kita akan mencari berbagai alasan untuk mengelak dan menunda pembayaran.

Hal ini jika dilakukan berkali-kali akan membuat kita terbiasa berbohong dan pandai mencari alasan.

 

2 dari 3 halaman

Hidup Tidak Tenang


4. Hidupnya tidak tenang
Jika kita punya utang, hati tidak akan tenang karena dilanda kecemasan yang berlebihan. " Duh, dia nanya-nanya kabarku pasti mau nagih utang nih," kalimat seperti ini akan sering terlontar dari kita yang berutang.

5. Mengedepankan ego
Biasanya wanita yang hobi berutang ialah wanita yang ingin memuaskan hawa nafsunya saat berbelanja. Wanita seperti ini tentu membahayakan jika menjadi istri dan ibu nantinya.

“ Aku mau beli lipstik baru deh tapi lagi gak ada uang, talangin dulu ya,” hati-hati kata talangin menjadi kalimat pembuka untuk meminjam uang.

 

3 dari 3 halaman

Menjerat

Dream - Jika berutang dianggap wajar dan dijadikan kebiasaan, ini akan menjerat hidup kita sendiri.

Apalagi dengan posisi kita sebagai wanita yang dituntut cerdas untuk mengendalikan keuangan keluarga nantinya.

Jangan sampai terjerat lilitan utang ya Sahabat Ummi, bagaimanapun hidup dengan tutup lubang gali lubang, itu akan membuat kita lelah dan dikejar-kejar perasaan bersalah. Naudzubillah.

Selengkapnya baca di sini.    (Ism) 

 

Kirimkan kisah nyata inspiratif di sekitarmu atau yang kamu temui ke komunitas@dream.co.id dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi 

 

Beri Komentar