Batas Waktu Sholat Tahajud yang Tepat Sesuai Syariat Islam

Reporter : Reni Novita Sari
Selasa, 8 Desember 2020 09:07
Batas Waktu Sholat Tahajud yang Tepat Sesuai Syariat Islam
Inilah batas waktu sholat tahajud sesuai syariat agama islam

Dream- Sholat Tahajud adalah ibadah sunnah yang dikerjakan pada saat malam hari. Secara etimologi kata tahajud berasal dari kata al-Hujud, yang berarti bangun dari tidur pada malam hari. Sedangkan secara definisi dalam Islam, Sholat Tahajud artinya shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari dan dilaksanakan setelah tidur lebih dahulu, walaupun tidurnya hanya sebentar.

Salah satu ayat yang menjadi rujukan untuk menjalankan salat tahajud yaitu Alquran Surat Al Isra ayat 79 yang berbunyi, 

" Hendaknya engkau gunakan sebagian waktu malam itu untuk salat tahajud, sebagai salat sunnah untuk dirimu, mudah-mudahan Tuhan akan membangkitkan engkau dengan kedudukan yang baik."

Sholat tahajud ditandai saat umat muslim terjaga di waktu tidur malam. Tetapi, tak banyak yang tahu ada beberapa kategori sepertiga malam yang dituliskan dalam Alquran dan Sunnah. Selain itu ada juga Batasan waktu untuk mengerjakannya. Nah, berikut beberapa waktu yang dianjurkan untuk menjalankan salat tajahud dan Batasan waktunya.

1 dari 2 halaman

Batas Waktu Sholat Tahajud

Ilustrasi© Foto : Shutterstock

Abu Muslim berkata kepada sahabatnya Abu Dzar, “ Pada waktu apakakah yang lebih utama kita melaksanakan sholat malam?” Abu Dzar menjawab, “ Aku telah bertanya kepada Rasulullah Saw. Sebagaimana yang telah engkau tanyakan kepadaku ini.” Rasulullah Saw. bersabda, “ Perut malam yang masih tinggal adalah sepertiga yang terakhir. Sayang sedikit sekali orang yang melaksanakannya” (HR Ahmad).

Pada hadis yang lain Rasulullah Saw. bersabda, “ Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat (waktu). Seandainya seorang Muslim meminta suatu kebaikan di dunia maupun di akhirat kepada Allah Swt., niscaya Allah Swt. akan memberinya. Dan itu berlaku setiap malam” (HR Muslim).

Sholat malam (lail) yang paling baik dan utama ialah sholat yang dikerjakan pada sepertiga malam yang terakhir. Karena pada waktu-waktu itu lah doa-doa akan dikabulkan oleh Allah. Ini merujuk pada hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwasannya Nabi pernah bersabda,

“ Allah turun ke langit dunia setiap malam pada sepertiga malam terakhir. Allah lalu berfirman, Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan! Siapa yang meminta kepadaKu niscaya Aku beri! Siapa yang meminta ampun kepada-Ku tentu Aku ampuni. Demikianlah keadaannya hingga fajar terbit” (HR Bukhari dan Muslim).

Kemudian juga Sabda Rasulullah Saw., yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, dari Abu Hurairah r.a, tatkala Nabi Saw., ditanya, “ Apakah sholat yang lebih utama selain dari sholat fardu yang lima?” Jawab beliau, “ Sholat tengah malam.” (HR Muslim).

Dalam sebuah riwayat lain juga disebutkan bahwa sahabat yang bernama Abdullah bin Salam pernah mengatakan, bahwa Nabi Saw. telah bersabda, “ Hai sekalian manusia, sebar luaskanlah salam dan berikanlah makanan, serta kerjakanlah sholat pada waktu manusia sedang tidur supaya kamu masuk surga dengan selamat” (HR Tirmidzi). Dalam keterangan lain Nabi Saw. bersabda, “ Seutama-utama sholat sesudah sholat fardu ialah sholat sunnah pada waktu malam” (HR Muslim).

Dalam keterangan di atas sudah dijelaskan tentang betapa pentingnya sholat yang dilaksanakan pada waktu dimana semua orang sedang beristirahat di malam hari. Jadi, sepertiga malam yang terakhir merupakan waktu yang terbaik dan waktu tersebut sesusai apa yang dicontohkan oleh Rasulullah.

Walaupun waktu sepertiga malam terakhir ini adalah waktu yang paling berat, setidaknya kita dapat mengikuti contoh dan penjelasan dan Rasulullah ini. Mungkin akan terasa amat berat bagi yang tidak terbiasa, akan tetapi jika dibiasakan hal tersebut akan terasa ringan.

2 dari 2 halaman

Waktu Menjalankan Salat Tahajud

Ilustrasi© Foto : Shutterstock

1. Sepertiga Malam yang Pertama

Salat tahajud dapat dikerjakan pada waktu sepertiga malam pertama. Waktu itu terjadi pada rentang setelah salat Isya' hingga pukul 22.00. Tetapi, untuk mengerjakannya harus diawali dengan tidur terlebih dahulu sejenak.

Tidak ada batasan mengenai banyaknya rekaat menjalankan salat tahajud. Tetapi, agar keiistimewaan yang terdapat di dalamnya diraih, hendaknya perlu dibarengi ke-istiqomaahan.

2. Sepertiga Malam yang Kedua

Sepertiga malam kedua menjadi waktu utama menjalankan salat tahajud. Waktu sepertiga malam terjadi pada pukul 22.00 hingga 01.00.

Waktu salat tahajud ini memang sulit diterapkan. Sebab, kebanyakan orang tidak dapat bangun di waktu-waktu tersebut. Konon, waktu ini dipercaya memiliki fadhilah dan keiistimewaan besar yang akan didapatkan.

3. Sepertiga Malam yang Terakhir

Menjalankan salat sunnah pada sepertiga malam terakhir merupakan waktu yang paling utama. Jika direntangkan, waktu sepertiga malam terakhir itu antara pukul 01.00 hingga sebelum memasuki waktu subuh.

Dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim disebut,

" Setiap malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia (Allah) pun berkata," Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang dia minta? Adakah hamba-Ku yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hamba-Ku yang ber-istighfar sehingga Aku ampuni dosanya?"

 

Beri Komentar