Doa Mohon Ampunan dari Kesalahan Karena Lalai, Diambil dari Alquran

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 4 Agustus 2021 06:01
Doa Mohon Ampunan dari Kesalahan Karena Lalai, Diambil dari Alquran
Kesalahan dapat mendatangkan dosa, apalagi jika berkaitan dengan kewajiban agama.

Dream - Doa memohon ampunan sangat dianjurkan untuk kita baca setiap saat. Sebab kita tidak pernah bisa lepas dari kesalahan. Terkadang juga kita tak menyadari jika perbuatan yang dilakukan telah melanggar syariah agama.

Kesalahan kita yang menyebabkan dosa dapat dihapus dengan doa ampunan. Meskipun kesalahan sering kita lakukan.

Khususnya doa ampunan dari kesalahan karena lalai. Sifat lalai dapat membuat hidup berjalan buruk.

Lalai membuat kita melepaskan kesempatan. Bahkan membuat kita terlena untuk meninggalkan kehidupan akhirat.

Doa memohon ampun ada cukup banyak. Kita dapat mengamalkan salah satunya, yaitu seperti tercantum dalam Alquran Surat Al Baqarah ayat 286.

 

1 dari 3 halaman

Doa Ampunan dari Lalai

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ

Rabbana la tuakhidzna innasina au akhthoqna, rabbana wa la takhmil 'alaina ishran kama khamaltahu alal ladzina min qoblina, rabbana wa la tukhammilna ma la thoqota lana bihi, wa'fu anna, waghfirlana, warkhamna anta maulana fanshurna 'alal qoumil kafirin.

Artinya,

" Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

2 dari 3 halaman

Doa Sunah Tahiyat Akhir Untuk Memohon Ampunan Atas Perbuatan Zalim

Dream - Sholat adalah saat bagi kita untuk mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah. Ibadah wajib ini juga menuntut kita untuk fokus sehingga bisa menjalankan sholat dengan khusyuk.

Dalam setiap gerakan, pikiran kita hanya tertuju kepada Allah. Itulah mengapa sangat dianjurkan untuk menghilangkan segala gangguan dalam pikiran.

Sementara, momen yang sangat berharga dalam sholat adalah ketika sujud dan duduk tahiyat akhir. Saat ini menjadi momen yang tepat untuk berzikir.

Selain itu, di dua gerakan ini kita perlu memanjatkan doa. Salah satunya doa memohon ampunan atas perbuatan zalim yang sudah kita lakukan.

Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan sebuah doa kepada sahabat Abu Bakar Ash Shiddiq RA yang dibaca saat duduk tahiyat akhir.

 

3 dari 3 halaman

Doa Saat Duduk Tahiyat Akhir

اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِيْ ظُلْمًا كَثِيْرًا وَلَا يَغْفِرُ الذُنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ وَارْحَمْنِيْ إِنَّكَ أَنْتَ الغَفُوْرُ الرَحِيْمُ

Allahumma inni dholamtu nafsi dzulman katsiran wa la yaghfirudz dzunuba illa anta faghfirli maghfiratan min 'indika warhamni inna antal ghafurur rahim.

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya aku telah banyak berbuat zalin pada diriku sendiri dan tidak ada yang mengampuniku selain Engkau, maka ampunilah dosaku di sisiMu dan sayangilan aku karena sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Sumber: Bincang Muslimah.

Beri Komentar