Doa Meraih Berkah Usai Baca Surat Al Ikhlas

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 16 Desember 2020 08:55
Doa Meraih Berkah Usai Baca Surat Al Ikhlas
Surat Al Ikhlas mengandung banyak keutamaan.

Dream - Al Ikhlas merupakan surat yang sering dibaca masyarakat. Dalam zikir, dalam pengajian, juga dalam sholat.

Surat ini termasuk surat pendek yang paling banyak dihafalkan. Bahkan sejak kecil, karena Al Ikhlas menjadi surat hafalan wajib anak-anak di madrasah diniyah maupun Taman Pendidikan Alquran. Surat ini hanya terdiri dari empat ayat. Isinya seluruhnya mengenai Keesaan Allah.

Surat Al Ikhlas juga sangat dianjurkan untuk dibaca di momen-momen tertentu seperti akan tidur, setelah sholat Subuh, berzikir, dan masih banyak lagi. Karena surat ini mengandung banyak keutamaan.

Usai membaca Surat Al Ikhlas, dianjurkan membaca doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Baca Surat Al Ikhlas

Doa Baca Surat Al Ikhlas© Dream.co.id

Allahumma inni asaluka ya wahidu ya fardu ya shamadu ya mal lam yattakhidz shahibatan wala waladan yaa mal lam yalid walam yulad walam yakullahu kufuwwan ahad. Asaluka bi asmaikal 'izhami wa anbiyaikal kirami an tusakhkhirali khidama hadzihis surati li 'azhomati 'abdika 'abdirrahman wa 'abdika 'abdish shamadi wa 'abdika 'abdil wahidi yakununa li 'awnan 'ala qadhai hawaijil 'ajalal 'ajalal wahal wahas sa'atas sa'ata barakallahu fikum wa 'alaikum wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya,

" Ya Allah, aku memohon kepada-Mu, wahai Dzat Yang Satu, wahai Dzat Yang Esa, wahai Dzat Yang Sendiri, wahai Dzat Yang tidak menjadikan istri dan anak, wahai Dzat Yang tidak melahirkan dan dilahirkan dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya, agar Engkau mempergunakan kepadaku khadam surah ini dengan kemuliaan hamba-Mu, Abdurrahman, dan hamba-Mu, Abdush Shomad, dan hamba-Mu Abdul Wahid, mereka menjadi penolongku untuk terkabulnya hajatku dengan segera, cepat dan saat ini. Semoga Allah memberkahi kalian. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarganya."

Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas

1. Surat Al Ikhlas Sebanding dengan Sepertiga Al Quran

Setelah mengetahui bacaan dan arti surat Al Ikhlas, berikutnya akan dijelaskan mengenai keutamaan surat Al Ikhlas. Keutamaan surat Al Ikhlas yang pertama yaitu disebutkan bahwa surat ini merupakan suatu amalan yang sebanding dengan sepertiga bacaan Al Quran. Dalam Hadist Riwayat Abu Sa’id al Khudri Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata :

Sesungguhnya seseorang mendengar orang lain membaca surat Al Ikhlas dengan mengulang-ulangnya, maka tatkala pagi harinya, ia mendatangi Rasulullah dan menceritakan hal itu kepadanya, dan seolah-olah orang itu menganggap remeh surat itu, maka bersabdalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “ Demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya, sesungguhnya surat itu sebanding dengan sepertiga al Qur'an”

2. Sebagai Amalan Masuk Surga

Keutamaan mengamalkan bacaan dan surat Al Ikhlas berikutnya yaitu sebagai amalan yang dapat membawa umat muslim masuk surga. Hal ini pun telah disebutkan dalam Hadist Riwayat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu yang berkata :

“ Aku datang bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau mendengar seseorang membaca surat Al Ikhlas. Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “ Telah wajib,” aku bertanya: “ Apa yang wajib?” Beliau bersabda, “ (Telah wajib baginya) surga.”

3. Dapat Memberikan Perlindungan

Selain sebagai amalan masuk surga, keutamaan surat Al Ikhlas juga dapat memberikan perlindungan bagi siapa pun yang membacanya. Manfaat ini didapatkan saat seseorang membaca surat Al Ikhlas bersama dengan surat Al Falaq dan An Naas. Dalam Hadits Uqbah bin ‘Amir al Juhani Radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata :

“ Tatkala aku menuntun kendaraan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah peperangan, tiba-tiba beliau berkata: “ Wahai Uqbah, katakana,” aku pun mendengarkan, kemudian beliau berkata (lagi): “ Wahai Uqbah, katakana,” aku pun mendengarkan. Dan beliau mengatakannya sampai tiga kali, lalu aku bertanya: “ Apa yang aku katakan?” Beliau pun bersabda: “ Katakan Qul huwallahu ahad lalu beliau membacanya sampai selesai. Kemudian beliau membaca Qul A’udzu bi Rabbil Falaq, aku pun membacanya bersamanya hingga selesai. Kemudian beliau membaca Qul A’udzu bi Rabbin Naas aku pun membacanya bersamanya hingga selesai. Kemudian beliau bersabda: “ Tidak ada seorang pun yang berlindung (dari segala keburukan) seperti orang orang yang berlindung dengannya (tiga surat) tersebut”

4. Keutamaan Surat Al Ikhlas Saat Dibaca Sebelum Tidur

Terakhir, keutamaan dari mengamalkan bacaan dan surat Al Ikhlas juga dapat saat dibaca sebelum tidur. Hal ini pun diamalkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam setiap kali hendak tidur. Dalam Hadits A’isyah Radhiyallahu ‘anha, beliau berkata :

Sesungguhnya apabila Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ingin merebahkan tubuhnya (tidur) di tempat tidurnya setiap malam, beliau mengumpulkan ke dua telapak tangannya, kemudian beliau sedikit meludah padanya sambil membaca surat “ Qul Huwallahu Ahad” dan “ Qul A’udzu bi Rabbin Naas” dan “ Qul A’udzu bi Rabbil Falaq,” kemudian (setelah itu) beliau mengusapkan ke dua telapak tangannya ke seluruh tubuhnya yang dapat beliau jangkau. Beliau memulainya dari kepalanya, wajahnya, dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukannya sebanyak tiga kali.

5. Mendapat Ampunan Dosa

Keutamaan mengamalkan bacaan dan suat Al Ikhlas yang tidak kalah penting adalah mendapatkan ampunan dosa dari Allah SWT. Dalam Hadist Mihjan bin al Adru’ Radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata :

Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk ke dalam masjid, tiba-tiba (ada) seseorang yang telah selesai dari shalatnya, dan ia sedang bertasyahhud, lalu ia berkata: “ Ya Allah, sesungguhnya aku meminta (kepadaMu) bahwa sesungguhnya Engkau (adalah) Yang Maha Esa, Yang bergantung (kepadaMu) segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara denganNya, ampunilah dosa-dosaku, (karena) sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “ Sungguh ia telah diampuni (dosa-dosanya),” beliau mengatakannya sebanyak tiga kali

 

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 5 halaman

Doa Agar Memiliki Hati yang Bersih

Dream - Hati menjadi penentu kecenderungan manusia. Hati menggerakkan diri manusia condong kepada kebaikan atau keburukan. Setiap manusia tidak lepas dari kesalahan dan dosa. Entah itu kecil maupun besar.

Kesalahan tidak semata muncul karena faktor di luar diri manusia. Namun peran paling besar ada pada hati manusia. Hati yang buruk akan cenderung membuat seseorang condong pada keburukan. Hati yang demikian perlu dibersihklan agar kehidupan seseorang menjadi tenteram.

Itulah mengapa kita dianjurkan untuk selalu memohon ampunan kepada Allah. Dianjurkan pula membaca doa ini agar hati menjadi bersih.

3 dari 5 halaman

Doa Bersihkan Hati© Dream.co.id

Allahumma tsabbit 'ilmaha fi qolbi waghfirli dzanbi waghfir lil mukminina wal mukminati wa qulil hamdu lillahi wa salamun 'ala 'ibadihil ladzinashthofa.

Artinya,

" Ya Allah, tetapkan ilmu kalimat itu di dalam hatiku, ampunilah dosa-dosaku, dan ampunilah orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan. Dan katakan, segala puji bagi Allah, dan keselamatan atas hamba-hamba-Nya yang Dia pilih."

4 dari 5 halaman

Doa Agar Harapan yang Diinginkan Bisa Terwujud

Dream - Setiap kita memiliki harapan, tentunya sangat menginginkannya terwujud. Apalagi jika harapan itu sifatnya besar dan menyangkut hajat hidup saat ini dan masa depan. Sebagai contoh, untuk mendapatkan rezeki dan pekerjaan. Atau agar bisa menempuh pendidikan di institusi idaman.

Bisa juga yang berkaitan dengan sesuatu yang mungkin sulit terwujud namun bukan berarti tidak bisa. Seperti kesembuhan dari sakit menahun dan lain sebagainya. Semua harapan itu bisa terwujud selama kita menyandarkan diri pada Allah. Juga tidak lelah untuk memohon kepada-Nya.

Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan doa khusus agar harapan kita bisa terwujud. Terutama untuk harapan yang kita sangat menginginkannnya terwujud. Doa tersebut tercantum dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi dan Imam Ibnu Majah, diriwayatkan dari Usman bin Hunaif.

 

5 dari 5 halaman

Doa Harapan Bisa Terkabul

Doa Agar Harapan Bisa Terwujud© Dream.co.id

Allahumma ini as'aluka wa atawajjahu ilaika bi muhammadin nabiyyir rahmah, ya Muhammadu inni qad tawajjahtu bika ila rabbi fi hajati hazdihi litaqdhi. Allahumma fa syaffi'hu fiyya.

Artinya:

" Ya Allah, sesungguhnya aku bermohon kepada Engkau, dan aku menghadap kepada engkau dengan Muhammad Nabiyyir Rahmah, Wahai Muhammad sesungguhnya aku menghadap Tuhanku bersamamu dalam memohonkan hajatku ini agar dikabulkan. Ya Allah perkenankanlah dia (Muhammad SAW) memberikan syafaatnya kepadaku."

Beri Komentar