Selain Avanza, Supercar Ini Juga Jadi Korban Maling Ban

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Sabtu, 1 Februari 2020 14:01
Selain Avanza, Supercar Ini Juga Jadi Korban Maling Ban
Keempat bannya digondol pencuri.

Dream - Belakangan ini, kasus pencurian ban mobil marak terjadi. Yang terbaru, ada pencurian ban mobil di Cikarang, Jawa Barat.

Toyota Avanza dan Honda Brio menjadi sasaran si panjang tangan. Selain Avanza, ternyata mobil mewah juga menjadi sasaran para penggasak ban mobil. Misalnya, Chevrolet.

Dikutip dari Car and Driver, Sabtu 1 Februari 2020, kejadian ini tak berlangsung di Indonesia, tetapi di Detroit, Amerika Serikat.

Sebuah Chevrolet Corvette C8 yang diparkir di pinggir jalan jadi target para pencuri. Keempat ban mobil keluaran 2020 ini raib.

Sekadar informasi, satu set ban supercar ini diprediksi senilai lebih dari US$1000 (Rp13,65 juta). Pantas saja jadi incaran pencuri.

Jika ingin kendaraan lebih aman, pemilik kendaraan disarankan untuk memiliki kunci pengaman tambahan mulai dari US$90 (Rp1,23 juta).

1 dari 6 halaman

Viral Pencurian Velg dan Ban Mobil yang Sedang Diparkir, Ini Kata Polisi

Dream - Aksi para perampok onderdil kendaraan semakin nekat. Tak hanya spion mahal yang jadi incaran, kini beredar video yang memperlihatkan aksi pencurian ban dan pelek mobil di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, menjadi viral.

Dikutip dari Merdeka.com, Rabu 29 Januari 2020, video pertama yang didapatkan merdeka.com diduga pencurian di daerah Pasir Gombong, Cikarang Utara. Empat ban berikut veleg mobil Honda Brio berwarna putih D 1753 WY raib.

" Pencurian baru di daerah Cikarang, Pasir Gombong. Ban velg mobil hilang. Parah, parah, parah," ujar seorang di balik video tersebut.

 

 © Dream

 

Video aksi pencurian lain terjadi pada sebuah mobil minibus jenis Toyota Rush B 2185 KOB. Kali ini roda dan velg ban yang hilang hanya di bagian belakang. Lokasinya diduga di sebuah parkiran di pusat perbelanjaan di Cikarang. Beberapa orang tampak berbincang membicarakan pencurian itu.

" Masa sekuriti enggak lihat," kata seorang perempuan pemilik mobil.

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Hendra Gunawan, ketika dikonfirmasi, mengatakan, polisi akan melakukan penyelidikan perihal beredarnya video dugaan pencurian ban berikut velg mobil.

" Kita akan selidiki, akan kita cek," kata Hendra singkat.

2 dari 6 halaman

Penampakan Mobil yang Jadi Korban Pencuri Ban

Dream - Belakangan ini pencurian ban mobil marak terjadi. Terutama di daerah Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, ada dua video pencurian ban yang viral di jejaring sosial.

Video pertama, terlihat pencurian ban mobil Honda Brio. Keempat ban beserta peleknya raib digasak maling.  Yang kedua, minibus Toyota Rush. Ban beserta pelek di bagian kanan belakang digondol si panjang tangan. Lokasinya terjadi di pusat perbelanjaan di Cikarang, Jawa Barat.

 Foto mobil yang jadi korban maling ban.© Liputan6.com

Dari sekian pencurian ban, para pencuri mengincar ban dan pelek. Kemudian, mobil “ disangga” dengan batu bata sehingga terlihat tinggi dan tidak mencurigakan. 

 Foto mobil yang jadi korban maling ban (3)© Liputan6.com

Bahkan, mobil yang “ berkerudung” juga menjadi sasaran empuk para pencuri.

  Foto mobil yang jadi korban maling ban (2)© Liputan6.com

Duh, ngeri banget, ya, Sahabat Dream. 

(Sumber: Liputan6.com/Amal Abdurrahman)

3 dari 6 halaman

Jangan Cuma Tampang, Perhatikan 3 Hal Ini Saat Mau Ganti Velg

Dream – Pemilik kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor, pasti pernah mengganti velg ban. Alasannya beragam. Ada yang memang sudah rusak sehingga harus diganti. Beberapa karena ingin ingin kendaraannya tampil gahar.

Dikutip dari OTO.com, Selasa 8 Januari 2018, velg tak hanya jadi pemanis tapi juga bagian penting bagi mobil. Velg menjadi bagian pertama yang berhadapan dengan medan jalan. Selain bisa menggerakkan mobil dan meredam permukaan jalan, velg juga bisa menjadi pelengkap kebanggaan pemilik mobil.

 

 © Dream

 

Bagi sebagian orang, velg juga merupakan ajang pembuktian kemapanan dan jati diri. Bagian ini juga diibaratkan sebagai sepatu. Semakin terlihat menarik, velg akan membuat semakin banyak orang melirik.

Mengganti velg pun tak bisa dilakukan serampangan. Ada tiga hal yang perlu kamu perhatian sebelum menggantinya.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengganti velg.

4 dari 6 halaman

Menambah Ukuran Velg

Menambah ukuran velg dan ban bisa membuat tampilan mobil jadi lebih enak dipandang. Mobil seperti Daihatsu Midget atau bemo juga terlihat lebih mahal kalau disematkan velg yang lebih besar.

Namun, tetap ada aturan yang harus diperhatikan ketika akan mengganti ban dan velg yang lebih besar dari ukuran standar.

Misalkan velg standar kamu berdiameter 15 inci dan kamu akan menggantinya dengan ukuran 17 inci. Yang perlu diperhatikan adalah ruang di dalam fender. Dimensi velg dan ban yang bertambah akan memerlukan ruang ekstra. Tujuannya agar ban tidak menggerus bagian dalam ataupun bibir fender ketika bermanuver.

Konsultasikan dengan bengkel ban berapa ukuran maksimal velg dan ban yang bisa muat di mobil. Kalau memaksakan dengan modifikasi di bagian tertentu, pastikan modifikasi tersebut tetap aman untuk mobilmu.

5 dari 6 halaman

Jangan Sembarangan Ganti Jumlah Lubang Mur

Pitch Circle Diameter (PCD) adalah diameter pola baut di roda. Kalau diperhatikan, jarak antar baut di roda bisa berbeda di setiap merek.

Contohnya, mobil A punya empat baut dengan ukuran PCD 100 mm, sedangkan mobil B 114 mm. Kedua mobil ini tidak bisa berbagi velg.

Produsen velg juga menyediakan ragam PCD dan jumlah baut. Banyak yang memodifikasi jumlah baut roda atau PCD agar bisa memasangkan velg idaman. Atau, ada yang bisa menyesuaikan jumlah dan PCD baut di velg itu sendiri.

Cara ini memang tidak disarankan. Ban dan velg merupakan satu kesatuan dan benda pertama yang merasakan benturan dari permukaan jalan. Perubahan PCD dan jumlah baut serta modifikasi velg akan menimbulkan berbagai risiko karena mengubah kekuatan dan geometri sistem penggerak. Ban bisa saja tiba-tiba pecah atau menggelindung menjauhi mobil. Tentu ini berbahaya dan nyawa bisa menjadi taruhan.

 

6 dari 6 halaman

Perhatikan Berat Velg

Bobot velg tak bisa dianggap enteng. Beratnya mempengaruhi keselamatan dan efisiensi bahan bakar. Setiap pabrikan akan menghitung bobot serta ukuran ban dan velg yang pas, baik dari teknis maupun ekonomis.

Sisi teknis disini berhubungan dengan berbagai hal, tapi kita ambil yang paling sederhana saja yaitu pengereman. Bayangkan seberapa besar daya rem yang diperlukan untuk menghentikan mobil dengan velg dan ban standar, kemudian jika velg berdiameter besar, memiliki bobot yang berat, serta ban yang juga lebih besar dan tentunya lebih berat, bagaimana efeknya terhadap rem mobil kamu?

Tentu pengereman akan tetap membuat mobilmu berhenti. Tapi, berapa jarak dan waktu yang diperlukan dengan menggunakan velg yuang berat?

Kalau berniat mengganti velg standar dengan yang lebih berat, kamu harus mendatangi bengkel langganan. Kamu perlu melakukan kalibrasi ulang terhadap daya pengereman.

Dari faktor ekonomis, ban dan velg yang berat akan membuat mesin bekerja ekstra hanya untuk menggerakkan roda. Kalau mesin dipaksakan, bensin jadi lebih boros.

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair