VW Gunakan Minyak Jelantah Buat Bahan Bakar Kapal Pengantar Mobil

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 27 November 2020 19:45
VW Gunakan Minyak Jelantah Buat Bahan Bakar Kapal Pengantar Mobil
Perusahaan ini mengklaim residu minyak ini lebih ramah lingkungan.

Dream – Volkswagen Group menunjukkan komitmennya kepada lingkungan dengan menguji coba berbagai bahan bakar yang dianggap ramah. Volkswagen Group Logistic dikabarkan akan menggunakan bahan bakar kusus untuk pengantaran mobil melalui laut.

Dikutip dari Liputan6.com, Jumat 27 November 2020, bahan bakar khusus ini terbuat dari residu minyak sayur. Minyak jelantah ini berasal dari sisa minyak restoran dan industri makanan.

Uji coba dilakukan pada kapal pengantar mobil pada pertengahan November 2020. Setelah itu, kapal selanjutnya akan menggunakan minyak khusus ini pada awal 2021.

“ Kami adalah pabrikan pertama yang menggunakan bahan bakar seperti ini. Dengan cara ini, kami menggunakan kembali minyak tak terpakai sehingga ramah lingkungan,” kata Head of Volkswagen Group Logistics, Thomas Zernechel.

Zernechel mengatakan emisi CO2 minyak ini lebih rendah 85 persen daripada bahan bakar fosil. “ Kontribusi ke lingkungan sangat luar biasa,” kata dia.

Perubahan ini merupakan bagian dari strategi untuk membuat Group Logistics lebih ramah lingkungan. Langkah lain yang sudah dilakukan adalah menggunakan liquefied natural gas (LNG) untuk menjadi sumber bahan bakar kapal pengantar mobil.

“ Dengan cara ini, Volkswagen Group Logistics membantu Volkswagen Group mencapai net carbon neutrality pada 2050,” kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Arief Aszhari)

1 dari 5 halaman

Volkswagen Beetle Tutup Usia, Ini Produksi Terakhirnya

Dream - Volkswagen (VW) resmi menghentikan produksi Beetle pada Kamis 11 Juli 2019. Mobil " Kodok" ini berakhir di pabrik VW di Puebla, Meksiko.

Dikutip dari Carscoops, Beetle terakhir yang diproduksi berupa mobil coupe biru denim. Mobil itu akan dipajang di Museum VW di Puebla, Meksiko. Produsen otomotif ini juga memproduksi sepasang VW Kodok Merah yang dibuat terakhir di Amerika. Mobil-mobil itu akan menambah koleksi VW Amerika.

Mobil terakhir itu berperan penting dalam transformasi VW. Meskipun tidak populer, Beetle generasi ketiga menyumbang penjualan hampir 5 juta unit di Amerika Serikat. Penjualan ini juga membantu sales Beetle secara global sebanyak 21,5 juta unit.

Generasi kedua Beetle terbilang paling laris. Dikatakan bahwa mobil ini terjual lebih dari 1,2 juta unit selama 1998-2010.

 

© Dream

 

Generasi ketiga--sekaligus terakhir--Beetle, hanya laku lebih dari 500 ribu unit. Generasi ini diperkenalkan pada 2011.

" Sangat sulit membayangkan Volkswagen tanpa Beetle," kata CEO VW Amerika, Scott Keogh.

Walaupun " mobil kodok" tutup usia, produsen otomotif ini akan membuat evolusi dalam brand mobilnya.

Nantinya, pabrik VW di Puebla akan digunakan untuk produksi crossover. Mobil VW crossover ini akan masuk ke pasar Amerika Utara. Mobil crossover ini nantinya bernama Tarek.

2 dari 5 halaman

VW Kodok `Tutup Usia`, Volkswagen Rilis Beetle Edisi Pamungkas

Dream - Volkswagen Beetle mungkin satu-satunya mobil legendaris paling dikenal pecinta otomotif. Sayang, mobil VW Kodok ini takkan lama lagi akan " mati" . Menjelang masa akhirnya, sebuah pesta perpisahan akan digelar. 

Produsen otomotif Jerman, Volkswagen, memutuskan untuk merayakan perpisahan dengan merilis mobil ikonik edisi spesial, yaitu Final Edition, di Los Angeles Auto Show 2018.

Dikutip dari Carscoops, Kamis 29 November 2018, mobil ini hadir dengan dua jenis, yaitu atap keras dan atap bukaan. Dua jenis mobil kodok ini dijual eksklusif di Amerika Serikat.

Harga mobil VW Beetle Final Edition SE coupe dibanderol dengan mulai harga US$23.045 atau sekitar Rp330,45 juta. Sementara untuk versi atap terbuka, Cabriolet, VW membanderolnya dnegan harga mulai US$27.295 setara Rp391,4 juta.

3 dari 5 halaman

Bagaimana Spesifikasinya?

Mobil VW Beetle Final Edition ini terinspirasi dari desain VW Beetle Ultima Edicion yang dirilis tahun 2003. Pelanggan bisa memilih warna Stonewashed Blue dan Safari Uni untuk warna mobil. Ada juga Pure White, Platinum Grey, dan Deep Black Pearl.

Mobil ini punya roda berukuran 17 inchi dan sunroof.

Mobil ini memiliki jok terbalut kulit. Begitu pula dengan setirnya. Pedal mobil terbuat dari stainless steel.

VW juga membekali mobil dengan sistem GPS dan sistem informasi media.

Semua mobil VW edisi akhir ini memiliki mesin turbocharged four cylinder berkapasitas 2 liter. Mesin mobil ini bisa mengeluarkan kekuatan 174 hp.(Sah)

4 dari 5 halaman

VW Kodok Ditemukan Usai 20 Tahun Raib, Tahunya Ada di Parkiran

Dream – Sahabat Dream, mobil pribadi menjadi salah satu harta benda yang dimiliki oleh orang-orang berduit. Meski penampilannya terlihat perlente, bukan berarti kelakuan mereka tak bisa aneh. 

Salah satunya adalah orang kaya yang memiliki mobil ternyata bisa juga lupa posisi parkir mobil.

Dilansir dari Metro, Sabtu 18 November 2017, seorang pria di Jerman mendapatkan mobil Volkswagen Passat dari otoritas di Frankfrut, Jerman. Mobilnya kembali setelah lenyap selama 20 tahun. Pria yang tak disebutkan namanya ini mengira kendaraan ini hilang dimaling orang.

Pada tahun 1997, karena mobilnya tahu-tahu menghilang, pria yang kini berusia 76 tahun ini melaporkan kepada polisi. Dia memberi tahu aparat bahwa mobilnya hilang. Dugaannya, ada yang mencuri mobil “ kodok” miliknya.

5 dari 5 halaman

Ketemu 20 Tahun Kemudian

Dua dekade berselang, otoritas setempat menemukan sebuah mobil Volkswagen Passat teronggok di rumah yang tak berpenghuni. Waktu itu, pemerintah setempat hendak merubuhkan rumah kosong. Ketika hendak dihancurkan, ditemukanlah mobil kodok yang mulai berkarat.

Kalau tak ada pemiliknya, mobil ini akan berakhir di tempat bagian penjualan besi bekas. Akhirnya, polisi menelusuri pemilik mobil ini. Ternyata, kendaraan roda empat itu milik kakek berusia 70 tahun. Polisi pun mempertemukan pemilik dengan mobil Volkswagen Passat.

Usut punya usut, ternyata sang pemilik lupa memarkir kendaraannya. Pantas dicari-cari tak ketemu.

(Sah)

Beri Komentar