Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

18 Cara Mengatasi Jerawat di Dahi dengan Mudah dan Aman

18 Cara Mengatasi Jerawat di Dahi dengan Mudah dan Aman Ilustrasi (Sumber: Shutterstock)

Dream - Jerawat yang muncul di dahi biasanya lebih padat ketimbang daerah lain. Warna jerawat di dahi pun biasanya lebih kemerahan. Jerawat ini sangat mengganggu karena membuat kita tidak nyaman, terutama saat mengenakan topi maupun jilbab.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah jerawat di dahi. Salah satunya dengan menggunakan obat atau resep dokter. Selain itu, ada jug acara mengatasi jerawat di dahi dengan menggunakan bahan alami, sehingga lebih aman.

Berikut ini cara mengatasi jerawat di dahi dengan mudah, aman, dan bisa dilakukan di rumah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Cara Mengatasi Jerawat di Dahi dengan Bahan Alami

1. Lidah Buaya

Bahan Alami

Lidah buaya atau aloe vera dapat digunakan untuk mengatasi jerawat di dahi secara ampuh. Cara memakainya juga sangat mudah, kita bisa langsung menggunakan daging lidah buaya dan mengoleskannya ke area jerawat secara rutin. Kita juga bisa membuat masker wajah dengan mencampurkan daging lidah buaya dengan bahan alami lain.

2. Ekstrak Teh Hijau

Teh hijau atau green tea yang diekstrak tenyata juga ampuh mengatasi jerawat di dahi, karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Cara pemakaiannya cukup mudah, kita bisa langsung membeli ekstrak teh hijau dan mencampurkannya dengan air dan mengoleskan ke area jerawat. Bisa juga dengan menggunakan kantung teh hijau yang terlebih dahulu direndam ke air hangat, dan mengompres jerawat dengan kantung teh tersebut.

3. Cuka Apel

Cuka apel memiliki kandungan asam yang tinggi, dan dapat membantu kulit wajah mengatasi jerawat di dahi. Pertama, tuangkan beberapa tetes cuka apel ke dalam wadah yang sudah diisi air, kemudian rendam kapas ke larutan tersebut. Setelah itu, tempelkan kapas ke dahi yang berjerawat.

Cara Mengatasi Jerawat di Dahi dengan Minyak Alami

4. Tea Tree Oil

Ada begitu banyak jenis minyak alami yang ampuh dijadikan cara mengatasi jerawat di dahi. Salah satunya ialah tea tree oil dan beberapa jenis minyak alami lain. Pemakaiannya cukup dengan meneteskan tea tree oil ke kapas dan mengusapkannya ke area jerawat.

5. Peppermint Oil

Hampir sama dengan tea tree oil, untuk mengatasi jerawat dengan peppermint oil, kita cukup menggunakan kapas dan meneteskan beberapa tetes minyak peppermint ke area jerawat dan menunggunya mengering.

Minyak Alami

6. Rosemary Oil

Rosemary oil juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat di dahi. Kita bisa membeli minyak alami ini dan langsung menggunakannya dengan kapas. Oleskan pelan-pelan ke wajah dan biarkan sampai menyerap.

7. Almond Oil

Tidak hanya minyak alami dari tumbuhan saja yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat di dahi. Minyak almond juga baik untuk mengatasi masalah ini, dengan mengoleskan langsung minyak ke area kulit berjerawat.

8. Avocado Oil

Sama dengan cara pemakaian minyak almond, minyak alami dari buah alpukat juga bisa langsung dioleskan ke area jerawat. Sebelumnya jangan lupa untuk mencuci wajah terlebih dahulu. Apabila kulit Anda berminyak, gunakan air hangat untuk mencuci wajah.

Cara Mengatasi Jerawat di Dahi dengan Perawatan Wajah Sederhana

9. Menguapi Wajah

Menguapi Wajah

Mengatasi jerawat di dahi tidak hanya bisa menggunakan bahan-bahan alami saja, tapi juga bisa menggunakan perawatan sederhana seperti menguapi wajah. Perawatan sederhana ini sangat baik untuk membuka pori-pori dan memaksimalkan pembersihan kotoran penyebab jerawat. Caranya cukup dengan menggunakan air rebusan dan handuk.

10. Membersihkan Wajah dengan Benar

Selain dengan penguapan, membersihkan wajah dengan benar juga bisa ampuh mengatasi jerawat di dahi. Kita bisa menggunakan produk pembersih wajah yang sering kita gunakan seperti biasa. Bersihkan wajah dua kali sehari, dan gunakan face scrub untuk membersihkan wajah secara lebih maksimal.

11. Masker Putih Telur

Ada begitu banyak jenis masker alami yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat di dahi, salah satunya masker putih telur. Cukup dengan mengambil putih telur, mencampurnya dengan beberapa tetes perasan lemon, dan mengaduknya. Setelah itu, aplikasikan ke dahi yang berjerawat, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

12. Menghindar Produk Kecantikan Berbahaya

Cara mengatasi jerawat di dahi selanjutnya ialah dengan menghindari pemakaian produk kecantikan yang dapat mengiritasi kulit dan memperparah kondisi jerawat. Apabila terlanjur memakai, hentikan pemakaian produk tersebut.

Cara Mengatasi Jerawat di Dahi dengan Pola Makan Sehat

13. Mengurangi Konsumsi Gula

Untuk memaksimalkan cara mengobati jerawat di dahi dari luar, kita juga bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan. Salah satu makanan yang harus dihindari ialah makanan yang mengandung gula tambahan. Ganti makanan tersebut dengan makanan sehat seperti muesli, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan yogurt.

Perawatan Wajah

14. Memperbanyak Konsumsi Vitamin A dan D

Memperbanyak konsumsi makanan yang kaya vitamin A dan vitamin D, akan sangat membantu tubuh dalam memerangi bakteri penyebab jerawat. Contoh makanannya seperti brokoli, mangga, daging sapi, telur, dan masih banyak lagi.

15. Mengonsumsi Makanan Tinggi Omega-3s

Makanan yang mengandung lemak omega 3s juga sangat baik untuk mengontrol produksi minyak kulit. Dengan minyak yang terkontrol, maka jerawat di dahi akan berkurang. Contoh makanan yang mengandung omega 3s, yaitu salmon, mackerel, buah alpukat dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi Jerawat di Dahi dengan Produk Perawatan Kulit

Perawatan Wajah

16. Asam Azelaic

Asam ini merupakan satu di antara sekian banyak jenis asam yang dibutuhkan oleh kulit wajah. Produk yang mengandung jenis asam azelaic ini sangat baik untuk membunuh bakteri, mengurangi peradangan kulit, dan mengatasi jerawat di dahi. Untuk pemakaian produk ini harus mengikuti resep dokter untuk hasil yang lebih maksimal dana man.

17. Zinc 

Selain asam azelaic, zat alami lain yang ampuh mengatasi masalah jerawat di dahi ialah dengan zinc atau seng. Mineral alami ini bisa kita peroleh dengan mengonsumsi makanan tertentu seperti bayam. Selain itu, kita juga bisa meminum suplemen yang mengandung zinc untuk mengatasi jerawat.

18. Asam Salicylic 

Tidak hanya asam azelaic saja yang ampuh mengatasi jerawat, produk yang mengandung asam salicylic dikenal ampuh untuk mengatasi berbagai masalah jerawat. Cukup dengan memakainya secara rutin, makan jerawat di jidat akan berkurang secara bertahap.

Sumber: Healthline dan WikiHow

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kulit Kemerahan Akibat Jerawat?  Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kulit Kemerahan Akibat Jerawat? Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kemerahan atau peradangan akibat jerawat dapat dihilangkan dengan melakukan perawatan kulit tertentu.

Baca Selengkapnya
3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

Saraf terjepit bisa terjadi di usia muda dan menghambat kegiatan sehari-hari. Ada beberapa cara untuk mencegah dan mengatasinya.

Baca Selengkapnya
Penyebab Jerawat Punggung dan Faktor Penyebab serta Cara Mengatasinya

Penyebab Jerawat Punggung dan Faktor Penyebab serta Cara Mengatasinya

Seperti halnya dengan jerawat yang timbul di wajah, jerawat yang muncul di punggung juga bisa mengganggu penampilan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Gejala Serangan Jantung Pada Kaum Hawa Lebih Banyak, Tak Boleh Abai

Gejala Serangan Jantung Pada Kaum Hawa Lebih Banyak, Tak Boleh Abai

Semakin cepat mencegahnya, maka akan semakin sedikit kerusakan yang terjadi pada jantung.

Baca Selengkapnya
5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

Perawatan kulit setelah berolahraga sedikit berbeda daripada biasanya. Jangan sampai salah pakai produk dan cari tahu cara tepat merawat kulit usai berolahraga.

Baca Selengkapnya
Jantung Berdebar dan Keringat Dingin, Bisa Jadi Gejala GERD

Jantung Berdebar dan Keringat Dingin, Bisa Jadi Gejala GERD

Gejala gangguan pencernaan bisa terjadi tanpa sadar. Kenali berbagai gejalanya agar tahu solusi yang tepat.

Baca Selengkapnya