Waspada! Badan Kurus Tak Selalu Sehat

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Jumat, 15 Maret 2019 13:42
Waspada! Badan Kurus Tak Selalu Sehat
Kurus dapat menjadi persoalan jika dikategorikan sebagai malnutrisi. Belum lagi dengan penyakit yang mengintai.

Dream - Banyak orang bergidik ngeri ketika mengalami kenaikan berat badan. Sebaliknya, tubuh kurus selalu menjadi idaman banyak orang. Tak sedikit yang menempuh cara agar kurus.

Namun nyatanya, memiliki tubuh kurus tak selalu menyenangkan. Kurus dapat menjadi persoalan jika dikategorikan sebagai malnutrisi. Belum lagi dengan penyakit yang mengintai.

Indeks Massa Tubuh (BMI) ideal berada di rentang 18,5 kg/m2 - 23 kg/m2. Di bawah itu, seseorang dikatakan mengalami malnutrisi. BMI dapat diukur dengan cara membagi berat badan (kg) dengan tinggi badan (m).

" Kurus bisa jadi tanda penyakit. Bisa saja karena dia malnutrisi atau adanya intoleransi makanan. Jadi ada makanan tertentu yang tidak cocok sehingga menyebabkan diare dan penurunan berat badan," tutur Nanang Soebijanto, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Endokrin, Metabolik & Diabetes RSPI di Jakarta, Kamis 14 Maret 2019.

 

1 dari 1 halaman

Orang Kurus Juga Berisiko Diabetes

Kekurangan berat badan juga dapat disebabkan oleh kelenjar tiroid yang bekerja terlalu aktif. Kondisi ini disebut dengan hypertiroid yang menyebabkan produksi hormon tiroksin berlebih.

Akibatnya, metabolisme tubuh terganggu dan pasien mengalami penurunan berat badan.

 Awas, Badan Kurus Tak Selalu Sehat

" Orang kurus juga berisiko mengalami diabetes. Justru salah satu gejala tak terduga dari diabetes adalah penurunan berat badan," ujarnya.

Meski begitu, kelebihan berat badan atau obesitas juga tidak baik. Obesitas dapat memicu penyakit hipertensi, kolestrol, diabetes dan gangguan vaskular lainnya.

Pastikan untuk selau menjaga pola makan sehat. Tidak diperkenankan untuk melebihi batas Gula, Garam dan Lemak (GGL) yang sudah ditetapkan. Jangan lupa berolahraga agar badan tetap bugar, Sahabat Dream. (ism)

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya