Bukan Lagi 10 Tahap Skincare Korea, 3 Cara Ini Bikin Kulit Glowing Sehat, Bye-bye Ribet!

Reporter : Nabila Hanum
Jumat, 2 Desember 2022 14:45
Bukan Lagi 10 Tahap Skincare Korea, 3 Cara Ini Bikin Kulit Glowing Sehat, Bye-bye Ribet!
Berikut tiga tahap skincare untuk mendapatkan kulit glowing:

Dream - Pandemi Covid-19 telah mengubah kebiasaan masyarakat menjadi lebih sering berada di rumah. Kondisi ini membuat kita lebih sering melihat wajah sendiri dibanding sebelum pandemi, saat berkegiatan di luar ruangan.

Karena hal itu, kesadaran akan memperbaiki diri semakin meningkat. Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan kulit wajah juga semakin meningkat.

Beberapa tahun ke belakang, dunia kecantikan dihebohkan dengan tren 10 tahap skincare ala Korea. Namun, peralihan pandemi ke endemi membuat banyak masyarakat telah kembali beraktivitas di luar rumah.

10 tahap skincare tidak lagi efisien dilakukan. Oleh karena itu, Kardiana Dewi, dokter spesialis kulit dan kelamin, membagikan tiga tahap paling penting untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan glowing.

1 dari 5 halaman

" 3 tahap skincare ini akan menjadi tren tahun depan, menggantikan tren 10 tahap skincare ala Korea," kata dr. Kardiana dalam acara Tokopedia Beauty Awards 2022 di Jakarta, Kamis 1 Desember 2022.

Menurutnya, tiga tahap skincare itu dapat membuat kulit lebih sehat. Ciri-ciri kulit sehat di antaranya warna kulit yang merata, cukup bercahaya.

" Ukuran pori-pori terlihat pas, gak kelihatan besar apalagi bergaris-garis gitu, tidak banyak terlihat kerutan, dan tidak kering dan kusam,” ujarnya.

Berikut tiga tahap skincare untuk mendapatkan kulit glowing:

2 dari 5 halaman

Cleansing

Bukan Lagi 10 Tahap Skincare Korea, 3 Cara Ini Bikin Kulit Glowing Sehat, Bye-bye Ribet!© Shutterstock

Menjaga kebersihan wajah menjadi kunci utama mendapatkan kulit sehat. Bagi kalian yang sering beraktivitas di luar rumah ataupun menggunakan make up setiap hari, double cleansing sangat dianjurkan.

Bisa menggunakan oil-based cleansing terlebih dahulu untuk membersihkan make up yang waterproof, lalu dilanjutkan dengan water-based cleansing.

Meskipun tidak keluar rumah, mencuci wajah dengan sabun tetap diperlukan, loh. Jangan pakai air saja, ya!

3 dari 5 halaman

Moisturizer

Bukan Lagi 10 Tahap Skincare Korea, 3 Cara Ini Bikin Kulit Glowing Sehat, Bye-bye Ribet!© Shutterstock

Wajah yang sehat adalah wajah yang lembab dan tidak kering. Meskipun tipe wajah kalian berminyak, pelembab tetap jadi hal yang penting, loh.

Terdapat berbagai jenis tekstur moisturizer yang bisa kalian pilih, menyesuaikan dengan tipe kulit. Bagi kalian dengan tipe kulit kering, dapat memilih pelembab dengan tekstur krim.

Jika tipe kulit kalian berminyak, pelembab dengan tekstur gel atau lotion dapat jadi solusi yang tepat.

4 dari 5 halaman

Sunscreen

Bukan Lagi 10 Tahap Skincare Korea, 3 Cara Ini Bikin Kulit Glowing Sehat, Bye-bye Ribet!© Shutterstock

Salah satu step yang paling penting dan jangan sampai terlewat adalah sunscreen. Menurut dr. Kardiana, sinar UV merupakan penyebab utama penuaan atau aging. Maka dari itu, melindungi kulit dari sinar UV merupakan hal penting.

Terdapat 3 jenis sinar UV, yaitu UV-A, UV-B, dan UV-C. Beruntung, lapisan ozon dapat menghalau paparan sinar UV-C, namun tidak dengan 2 jenis UV lainnya.

UV-A akan memberikan efek penuaan di jangka panjang karena ia akan langsung masuk lapisan dalam atau lapisan dermis, sehingga efeknya akan terlihat di masa depan. Sementara untuk UV-B, efeknya akan langsung terlihat karena ia akan memberikan efek terbakar di kulit.

5 dari 5 halaman

Untuk melindungi kulit dari UV-A, dibutuhkan sunscreen dengan PA++ yang cukup. Sementara untuk UV-B, dapat dihalau dengan SPF.

Tingkat PA dan SPF dapat disesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Bagi kalian yang akan terkena paparan sinar matahari langsung, menggunakan sunblock juga dapat menjadi opsi. Sama dengan moisturizer, sunscreen juga memiliki beberapa tekstur. Pilihlah sesuai tipe kulitmu.

Itu dia 3 step simple untuk dapatkan kulit glowing dan sehat. Jika kamu merasa butuh, tambahkan serum dan toner ke dalam skin care routine kamu juga diperbolehkan. Asalkan disesuaikan dengan kebutuhan, ya.

Laporan : Erdyandra Tri Sandiva

Beri Komentar