CONNECT WITH US!

Cokelat Bisa Kurangi Stres? Ini Faktanya

Reporter : Gladys Velonia | Kamis, 12 Oktober 2017 06:28
Sajian Cokelat
Untuk menghindari stres berkelanjutan, mengonsumsi cokelat sering disebut-sebut bisa menjadi solusi.

Dream - Dalam kehidupan sehari-hari, banyak faktor yang menjadi pemicu stres. Stres sendiri merupakan gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan.

Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginan. Untuk menghindari stres berkelanjutan, menyantap cokelat sering disebut-sebut bisa menjadi solusi.

Lantas, benarkah demikian?

" Kalau dalam kondisi stres, makan suatu makanan tertentu seperti cokelat, menimbulkan efek yang beda-beda pada tiap orang. Ada yang bersemangat melakukan sesuatu atau justru jadi
rileks," tutur Ajeng Raviando, seorang psikologi, saat ditemui di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 11 September 2017.

Meski begitu, menurut Ajeng, suasana hati yang ditimbulkan oleh cokelat tidak terbatas hanya satu mood seperti membuat rileks di saat stres, melainkan ada beragam mood lainnya yang bisa dihasilkan usai mengonsumsi cokelat.

" Tidak ada patokan waktu khususnya ya untuk berapa lama efek yang ditimbulkan setelah makan cokelat. Karena ada kandungan di dalam cokelat yang bisa memicu hormon manusia menjadi rileks dan nyaman," imbuhnya.

Meski mampu menetralisir stres, dalam psikologi tidak ada anjuran untuk besar takaran yang baik mengonsumsi cokelat. Sangat tergantung pada kondisi fisik dan psikologis tiap individu.

" Tidak ada berapa patokannya, ya. Itu balik ke perilaku disesuaikan dengan kebutuhan aja," katanya menambahkan. (ism) 

 

Afif Kalla Menikah - Raditya Dika Lamaran