Intip Dapur dan Kupas Rahasia Pengolahan Ayam Tepung Terkenal

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Jumat, 2 Juni 2023 11:48
Intip Dapur dan Kupas Rahasia Pengolahan Ayam Tepung Terkenal
Dream berkesempatan mengintip Kitchen McDonald’s dan melihat proses pembuatan ayam gorengnya

Dream - Sahabat Dream suka makan ayam buatan restoran McDonald’s Indonesia? Beberapa waktu lalu, Dream berkesempatan mengintip Kitchen McDonald’s dan melihat proses pembuatan ayam gorengnya yang renyah dan gurih.

Di dapur restoran ini, pengolahan ayam dilakukan oleh Spesialis Ayam McD. Para Spesialis Ayam McD yang sebelumnya sudah melalui pelatihan dan pembekalan keterampilan khusus ini harus menjaga konsistensi kualitas Ayam Goreng McD dan memastikan ayam goreng yang dibuat sudah memenuhi kriteria standard.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Ayam goreng yang kami sajikan kepada konsumen telah melalui proses yang diolah dan dimasak oleh para ahli yang disebut Spesialis Ayam McD. Hanya lulusan dengan verifikasi 100% yang berhak menyandang gelar Spesialis Ayam McD ini,” kata Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia pada acara Mengupas Rahasia Dibalik Ayam Goreng McD yang Renyah dan Gurih di McDonald’s Salemba Raya, Rabu 31 Mei 2023.
 

1 dari 5 halaman

Tahapan dalam membuat Ayam Goreng Mcd

Tahapan pertama pembuatan Ayam Goreng Mcd adalah merendam ayam di air dingin bersuhu 1-4 derajat celsius. Suhu dan durasi perendaman perlu diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap tekstur tepung bumbu pada saat penggorengan.

Lalu selanjutnya, penepungan dilakukan dengan memijat ayam dengan tepung bumbu sebanyak dua kali. Proses ini harus memperhatikan teknik menepiskan tepung bumbu untuk memastikan tekstur yang krispi.

Pada proses penggorengan, ayam disusun di keranjang penggorengan agar seluruh potongan dan bagian ayam dapat matang dengan sempurna. Ayam digoreng dengan minyak berkualitas yang sudah memiliki sertifikat Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) dengan cara yang presisi.

“ Ayam goreng disimpan di tempat bersuhu 82 derajat celcius untuk menjaga ayam goreng agar tetap renyah, gurih, dan hangat saat disajikan,” kat Fikri Hidayatullah, Spesialis Ayam McDonald’s Indonesia pada kesempatan yang sama.

2 dari 5 halaman

Eksis 32 Tahun Beroperasi di Indonesia, Mc Donald's Buka Strateginya

Dream - Membangun bisnis hingga besar dan ternama bukan perkara mudah. Selain produk harus berkualitas, pemasaran yang baik dan konsistensi menjadi hal yang penting.

Jangan sampai produk terkenal sebentar namun tidak bisa bersaing dikemudian hari. Pemasaran yang baik akan membuat konsumen ingat dan cinta dengan sebuah merek.

Doc Mc Donalds

Berikut beberapa tips dari brand restoran Mc Donald’s tetap eksis sejak mendirikan gerai pertamanya di tahun 1991.

3 dari 5 halaman

Kolaborasi

Kolaborasi dapat membantu brand untuk mendapatkan brand awareness yang lebih luas dari tahun ke tahun.

Karakter dan tokoh yang sangat disukai akan memberi dampak pada kolaborasi ini. Seperti Mc Donald’s saat berkolaborasi dengan boyband BTS yang mencuri perhatian banyak masyarakat.

Doc Mc Donalds0

“ Juga seperti happy meal kemarin berkolaborasi minion yang tidak hanya diminati anak anak saja, tapi dewasa juga banyak yang tertarik. Rata-rata setahun kami ada 12 kerjasama dengan brand,” ujar Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald's Indonesia pada peluncuran Media Experience MyM Rewards, Rabu 15 Februari 2023.

4 dari 5 halaman

Campaign dengan Menu Limited

Mc Donald’s dikenal kerap meluncurkan menu-menu baru dengan periode terbatas.“ Seperti bulan Desember kita ada menu prosperity, juga ada taste of the world. Dan bulan agustus kita ada menu indonesia. Dan ramadan juga ada menu khusus,” jelas Caroline.

Caroline menambahkan bahwa menu limited ini menarik konsumen untuk membeli produk. “ Jadi menu ini juga membuat konsumen datang ke mcd untuk nyobain hal baru. Kadang konsumen kita juga udah tau dan nungguin di bulan-bulan tertentu,” kata Caroline.

 

5 dari 5 halaman

Program Rewards

Rewards dan promo memang menggiurkan bagi konsumen. Dengan adanya campaign ini akan membuat konsumen lebih setia karena mendapatkan value tambahan.

Seperti McDonald’s Indonesia yang memiliki program MyM Rewards yang dapat di akses melalui Aplikasi McDonald’s.

“ Program MyM Rewards ini merupakan wujud penghargaan kepada seluruh konsumen McDonald’s agar ketika melakukan transaksi, konsumen bukan hanya mendapatkan produk namun juga ada value tambahan lain yang mereka dapatkan,” ungkap Caroline.

Beri Komentar