Mencicipi Lezatnya Tumis Kerang Hijau `Beta Ruma`

Reporter : Ratih Wulan
Sabtu, 23 April 2016 17:03
Mencicipi Lezatnya Tumis Kerang Hijau `Beta Ruma`
Ada resep rahasia dalam mengolah kerang hijau atau masyarakat Ambon biasa menyebutnya 'bia'.

Dream - Kecintaan pada kuliner Ambon, menginspirasi Dea untuk membuka rumah makan `Beta Ruma`. Setelah hampir tiga tahun dibuka, restoran ini sukses sebagai surganya tumisan kerang hijau.

Gadis 20 tahun ini menuturkan, ada resep rahasia dalam mengolah kerang hijau atau masyarakat Ambon biasa menyebutnya 'bia'.

Resep turun-temurun diwariskan sang Oma. Dan karena resep rahasia itulah `Beta Ruma` menjadi laris manis diserbu pecinta kuliner.

" Kuncinya setelah bia dibersihkan, harus dibuang matanya agar mengurangi bau amis," ungkap Dea saat dijumpai di peluncuran mobile site Bango.

Selain itu, Dea juga berbagi resep untuk memasak tumis bia yang lezat khas Ambon Manise. Pertama siapkan bahan-bahannya seperti berikut ini.

" Karang laut bisa diganti juga dengan jenis lain sesuai selera," imbuhnya pada Kamis, 21 April 2016.

Bahan:

500 gram bia/siput laut
5 siung bawang putih
5 siung bawang merah
5 buah cabai besar
2 batang daun serai
2 ruas jari jahe
3 sendok makan kunyit
2 buah tomat diiris tips
2 sendok makan kecap
1/2 sendok makan garam
1 sendok makan gula pasir
1 sachet penyedap
1/2 sendok makan ketumbar
1/2 sendok makan jinten
Minyak goreng secukupnya
Daun jeruk secukupnya

Cara memasak:

Bersihkan bia dan pisahkan bagian matanya. Kemudian rebus kerang tersebut hingga lunak lalu tiriskan. Selanjutnya, haluskan terlebih dahulu bawang merah dan bawang putih. Kemudian tumis hingga setengah matang.

Setelah itu masukkan serai dan jahe yang telah dimemarkan. Masukkan irisan tomat, gula, garam dan penyedap. Tambahkan kecap manis, bia serta daun jeruk lalu tumis hingga 30 menit. Setelah itu siap disajikan. (Ism) 

 

Beri Komentar