Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi yang Lebih Sehat, Cocok untuk Diet

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 24 Oktober 2019 09:36
Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi yang Lebih Sehat, Cocok untuk Diet
Nasi mengandung pati dan karbohidrat yang dapat menyebabkan berat badan bertambah.

Dream - Nasi merupakan makanan pokok di banyak negara. Bahan makanan ini mudah didapatkan, mengenyangkan dan dapat melengkapi hidangan apapun. Sayangnya, kandungan gula pada nasi cukup tinggi.

Bagi yang memiliki riwayat penyakit diabetes, tak dianjurkan mengonsumsi nasi putih secara rutin. Begitu pun bagi yang ingin menurunkan berat badan. Pasalnya, nasi mengandung kalori yang cukup tinggi.

Nasi mengandung pati dan karbohidrat yang dapat menyebabkan berat badan bertambah. Dilansir dari Misskyra, berikut beberapa bahan makanan yang lebih sehat dan bisa menggantikan nasi sebagai karbohidrat utama.

1 dari 6 halaman

1. Couscous dari gandum utuh

 Couscous© Shutterstock

Ini merupakan jenis pasta yang banyak digunakan dalam masakan Mediterania dan Timur Tengah. Terbuat dari butiran tepung, kuskus gandum mudah dikonsumsi sebagai pengganti beras. Kuskus juga dapat menambah tekstur unik pada makanan yang disajikan.

 

2 dari 6 halaman

2. Kubis Cincang

 Kubis Brussel© Shutterstock

Kubis brussel merupakan pengganti nasi dengan kalori super rendah dan mengandung jumlah karbohidrat yang tepat. Bahan ini juga merupakan sumber vitamin C dan K.

 

3 dari 6 halaman

3. Brokoli Rebus

Brokoli rebus memiliki banyak manfaat. Tidak hanya akan mengonsumsi lebih sedikit kalori, brokoli rebus juga kaya akan nutrisi penting bagi kesehatan tubuh.

 Brokoli menyebabkan perut kembung saat menjalankan puasa.© Pixabay

Brokoli adalah sumber vitamin yang kaya akan antioksidan untuk melawan radikal bebas. Kamu bisa mengolahnya dengan memotong beberapa brokoli dan merebusnya agar bertekstur seperti nasi.

 

4 dari 6 halaman

4. Beras Shirataki

Beras shirataki terbuat dari akar konjak yang populer ditemukan di kawasan asia timur. Shirataki sangat rendah kalori dan mengandung glukomanan, yang merupakan serat utama dan ditemukan di akar.

 Shirataki© Shutterstock

Untuk mengolah nasi ini, cuci terlebih dahulu rendam selama beberapa menit, kemudian rebus. Selanjutnya, panaskan nasi dalam wajan sampai benar-benar kering. Setelah itu, konsumsi dengan lauk pauk seperti nasi pada umumnya.

 

5 dari 6 halaman

5. Kembang Kol Rebus

Mencari opsi nasi rendah karbohidrat? Coba kembang kol rebus. Kamu dapat mengonsumsinya dengan apa saja karena rasanya tidak terlalu kuat dan memiliki tekstur yang mirip dengan nasi saat dimasak.

Bahan ini tidak mengandung karbohidrat terlalu tinggi dan kalori sebanyak nasi. Ini adalah pilihan populer bagi banyak orang yang sedang menjalani diet keto.

 Nasi Kembang Kol, Alternatif Sumber Karbohidrat Sehat© MEN

Setengah cangkir kembang kol yang direbus akan memberimu sekitar 13 kalori. Untuk membuatnya, iris kembang kol menjadi beberapa bagian dan rebus. Selanjutnya, masak dengan api sedang dan tambahkan sedikit air hingga kecokelatan.

 

6 dari 6 halaman

6. Quinoa

Jadi pilihan untuk mereka yang ingin mendapat asupan protein tinggi dan bebas gluten. Setengah cangkir quinoa yang sudah dimasak akan mengandung sekitar 4 gram protein. Biji ini juga mengandung sembilan asam amino esensial dan mineral yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik.

 Quinoa© Shutterstock

Quinoa juga merupakan sumber protein yang baik terutama bagi mereka yang diet vegetarian. Kamu hanya perlu memasaknya selama beberapa menit dan gunakan garpu untuk membuatnya lebih mengembang.

Beri Komentar