5 Alasan Bisnis Baju Bekas Layak Jadi Pertimbangan Rintis Usaha

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 15 Januari 2020 08:24
5 Alasan Bisnis Baju Bekas Layak Jadi Pertimbangan Rintis Usaha
Bisnis ini juga nggak kalah dengan baju baru, lho.

Dream - Potensi bisnis di bidang fesyen tak terbatas pada pakaian baru. Pasar baju bekas juga sangat bekas. Selain harganya lebih murah, masyarakat semakin banyak yang sadar akan gaya hidup ramah lingkungan.

Dikutip dari Cek Aja, Rabu 15 Januari 2020, membeli baju baru terus-menerus memang tak baik untuk lingkungan. Industri fesyen, meski sudah berbenah, masih menjadi penyumbang polusi di dunia.

Kesadaran akan hidup berdampingan dengan alam membuat orang-orang mengurangi pembelian baju baru atau tak membeli baju sama sekali dan beralih ke baju bekas. Inilah alasan potensi bisnis baju bekas meningkat.

Salah satu bukti dari potensi bisnis baju bekas adalah kisah Sophia Amoruso, pendiri line fashion Nasty Gal. Memulai bisnis dengan membeli baju bekas dan menjualnya kembali, Sophia memberanikan diri menjualnya di eCommerce raksasa, eBay.

Kejeliannya dalam menemukan baju berkualitas membuat usahanya itu sukses sampai akhirnya ia mendirikan line fashion sendiri.

Jika ingin berbisnis, tak ada salahnya untuk berjualan baju bekas. Berikut ini adalah lima alasan yang bisa kamu pertimbangkan.

Pertama, harga murah. Salah satu alasan utama yang membuat potensi bisnis baju bekas meningkat adalah harga yang ramah kantong. Bukan lagi baju baru, harga beli dan jual baju bekas memang lebih murah.

Kamu juga akan mendapatkan diskon besar jika membeli baju bekas dalam jumlah banyak sekaligus. Dengan harga beli murah, kamu bisa menjualnya dengan keuntungan yang besar.

Jika cermat memilih barang dan berhasil menemukan barang yang bagus, kamu bisa menjualnya dengan harga berkali-kali lipat dari harga beli.

1 dari 6 halaman

Kualitas Bagus dan Stok Terbatas

Kedua, barang berkualitas bagus. Alasan lain yang membuat potensi bisnis baju bekas patut dipertimbangkan adalah barangnya yang berkualitas bagus.

Kebanyakan baju bekas yang masuk Indonesia adalah impor dari luar negeri dan di antaranya merupakan barang bermerek yang sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Banyak juga yang masih dalam kondisi sangat bagus seperti baru.

Keterampilan memilih baju bekas pun diperlukan. Kamu juga harus memiliki bekal dalam hal kualitas bahan, pengetahuan tentang merek, dan model baju sehingga kamu bisa memilih barang bagus yang bisa dengan cepat dijual kembali.

Ketiga, stok terbatas. Tidak seperti baju baru yang biasanya diproduksi masal dalam jumlah banyak, stok baju bekas biasanya terbatas alias hanya ada satu saja tiap model. Hal ini menjadikan potensi bisnis baju bekas makin meningkat. Stok yang terbatas akan memacu orang untuk segera membelinya sebelum dibeli orang lain.

Apalagi kalau baju itu keluaran brand ternama yang sejak awal memang diproduksi terbatas. Barang-barang seperti ini bisa kamu jual dengan nilai yang lebih tinggi. Kamu bisa menggunakan nilai historisnya untuk berjualan, misalnya baju itu pernah dipamerkan dalam runway show pada tahun 90-an.

2 dari 6 halaman

Lebih Ramah Lingkungan dan Tren Vintage

Keempat, lebih ramah lingkungan. Makin banyaknya orang yang sadar akan kerusakan lingkungan membuat mereka mengubah gaya hidup menjadi lebih ramah lingkungan. Hal ini tentu sangat sesuai kalau kamu tertarik di bisnis fashion, tapi tidak ingin turut andil dalam kerusakan lingkungan.

Kamu juga bisa menggunakan pertimbangan ini untuk menyusun strategi marketing. Misalnya, kamu bisa menarget orang-orang yang paham akan masalah lingkungan dan peduli akan isu ramah lingkungan.

Kelima, tren vintage. Biasanya, baju bekas yang masuk adalah barang lama yang sudah tidak pernah dipakai lagi oleh pemiliknya. Oleh karena itu, biasanya modelnya adalah gaya jadul.

Namun, tren jadul bukan masalah. Justru semakin meningkatkan potensi bisnis baju bekas karena saat ini tren vintage makin digemari. Gaya jadul membuat orang-orang merasa bernostalgia ke masa lalu dan memberikan karakter tersendiri. 

3 dari 6 halaman

4 Ide Bisnis Rumahan Menguntungkan di Tahun 2020

Dream – Setiap memasuki pergantian tahun biasanya banyak orang menyusun resolusi yang ingin dicapai sepanjang tahun baru ini. Mulai dari kehidupan percintaan sampai karier menjadi target perubahan hidup yang ingin terwujud di tahn ini.

Adakah di antara Sahabat Dream yang membuat resoluasi Tahun Baru 2020 dengan mulai berani merintis bisnis kecil-kecilan dari rumah?

Mengutip laman Cek Aja, Rabu 1 Januari 2020, ada empat ide bisnis yang bisa kamu jalankan tahun ini. Pertama, freelance content writer. Bisnis ini cocok bagi kamu yang suka menulis. Menjamurnya perusahaan-perusahaan startup di Indonesia membuka ceruk pasar yang besar bagi yang doyan menulis.

 

 © Dream

 

Umumnya, perusaaan-perusahaan ini belum punya tim khusus untuk menulis artikel softselling produk atau jasa. Akan lebih mudah lagi jika kamu punya jejaring pertemanan di perusahaan-perusahaan startup sehingga jasa penulisan artikelmu bisa digunakan di sana.

Biasanya, untuk satu artikel di perusahaan startup dihargai mulai dari Rp60 ribu sampai Rp200 ribu untuk mengerjakannya. Jika sebulan ada 30 artikel, kamu bisa mengantongi uang Rp1,8 juta—Rp6 juta per bulan.

4 dari 6 halaman

Laundry Kiloan dan Cuci Sepatu

Bisnis ini sangat menarik jika rumahmu dekat kampus. Garasi rumah bisa disulap jadi tempat usaha bisnis cuci baju dan sepatu.

Untuk tahap awal, kamu bisa membeli satu mesin cuci, satu mesin pengering, dua setrikaan, serta beberapa etalasi untuk menyimpan pakaian yang sudah selesai dicuci dan setrika. Tak lupa dengan sabun cuci dan pewangi untuk keperluan operasi sebulan, gantungan baju, serta obat pembersih khusus sepatu.

Pekerjakan ibu-ibu di sekitar rumah kamu untuk menjadi karyawan, sehingga kamu bisa fokus menjadi tenaga pemasaran yang rajin melakukan promosi ke kost-kostan mahasiswa kampus tersebut.

Disarankan kamu membeli mesin cuci dan pengering khusus industri laundry. Load pemakaiannya berbeda dengan yang digunakan untuk sehari-hari.

5 dari 6 halaman

Penerjemah

Kamu mahir bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya? Jasa penerjemah bisa kamu lakoni untuk bisnis 2020, terutama jika mengantongi sertifikat TOEFL atau IELTS dengan skor yang tinggi.

Buat poster yang menarik, untuk ditempelkan di beberapa gerai fotokopi di sekitar kampus sebagai tempat mempromosikan jasa kamu. Kamu bisa menyisihkan 10 persen dari tarif jasa yang disediakan untuk pemilik fotokopi. Ya, hitung-hitung jadi biaya marketing.

Kalau mau lebih lancar lagi usaha terjemahan tersebut, manfaatkan juga jejaring pertemanan yang kamu miliki. Siapa tahu, perusahaan-perusahaan tempat teman-teman kamu bekerja memang membutuhkan jasa penterjemah. Umumnya, tarif penerjemah sebesar Rp500-Rp1000 per kata bergantung dari kualitas terjemahan yang dihasilkan.

6 dari 6 halaman

Jasa Penitipan Anak

Kamu suka berinteraksi dengan anak-anak kecil? Lalu halaman dan ruangan di rumah cukup besar untuk menampung mereka? Mengapa tidak membuka jasa penitipan anak alias daycare rumahan?

Pelanggannya untuk tahap awal tentu saja, tetangga-tetangga di rumah yang merupakan pasangan suami istri bekerja yang anaknya masih kecil-kecil. Mereka tentu akan percaya kalau kamu yang menjaga anak-anaknya selama berada di kantor untuk bekerja, karena kamu sudah kenal lama dengan mereka.

Jalin kerja sama dengan pemilik usaha catering untuk makan siang dan camilan anak-anak tersebut, kalau kamu tidak mau repot memasak dalam jumlah banyak untuk mereka. Sesuaikan menunya dengan makanan dan minuman kegemaran anak-anak tersebut yang bisa kamu cari tahu lewat orang tuanya.

Lengkapi juga rumah dengan beberapa permainan fisik yang merangsang motorik anak-anak sehingga mereka tidak bosan selama menunggu orang tua pulang. Sediakan juga beberapa tempat tidur untuk anak-anak tersebut tidur siang. Jika usaha sudah maju, kamu bisa merenovasi rumah dan melengkapinya sebagai area bermain yang menyenangkan.

Selamat mencoba, Sahabat Dream!

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis