8 Cara Jadi Orang Super Produktif, Nomor 7 Harus Dicoba!

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 17 April 2018 11:30
8 Cara Jadi Orang Super Produktif, Nomor 7 Harus Dicoba!
Kamu bisa menjadi orang yang ultra produktif ketika bekerja, lho.

Dream – Ketika bicara tentang produktivitas, kita menghadapi masalah yang sama. Kita hanya punya waktu 24 jam namun menginginkan produktivitas yang berlipat.

Tak hanya itu, kita juga mau target karier tercapai tanpa hambatan.

“ Tak ada yang lebih baik dari mencari cara agar bisa melakukan banyak hal dengan waktu yang diberikan,” kata penulis buku Emotional Intelligence 2.0, Travis Bradberry, dikutip dari CNBC Make It, Selasa 17 April 2018.

Bradberry mengatakan tindakan mengagumkan yang bisa dilakukan ketika seseorang meninggalkan kantor adalah menjadi ultraproduktif. Dengan productivity hack yang dimiliki, dia menghabiskan waktu seefisien mungkin.

“ Cara-cara terbaik ini mudah untuk diimplementasikan. Jadi, kamu bisa mulai menggunakannya hari ini,” kata dia.

Berikut ini adalah delapan cara seseorang menjadi ultra produktif, menurut Bradberry/

1. Bisa Melawan Situasi Mendesak

Situasi yang mendesak biasanya meminta kamu untuk melakukan hal-hal kecil. Pekerjaan ini harus dilakukan dalam waktu secepat mungkin. Kalau orang yang ultraproduktif, mereka tidak akan mengerjakan tugas-tugas yang remeh. Orang-orang ini akan mendelegasikan tugas ini kepada orang lain. Jadi, mereka bisa fokus kepada tugas yang besar.

2. Tak Pernah Mengerjakan Sesuatu Dua Kali

Orang yang produktif tak pernah mengerjakan suatu pekerjaan dua kali karena hanya buang-buang waktu. Jangan menyimpan e-mail atau telepon untuk tugas nanti. Orang produktif hanya memilih dua cara untuk mengerjakannnya: hapus atau minta orang lain untuk mengerjakannya.

3. Mengerjakan Hal yang Tidak Disukai Terlebih Dahulu

Orang produktif biasanya mengerjakan sesuatu yang tidak disukai terlebih dahulu, baru mengerjakan hal-hal yang menyenangkan.

4. Tidak Multitasking

Orang yang ultra produktif ini tahu bahwa multitaskin gini adalah pembunuh sebenarnya untuk produktivitas. Riset dari Standford University menemukan bahwa multitasking membuat seseorang kurang produktif daripada mengerjakan satu pekerjaan dalam waktu yang sama. Orang seperti ini bisa membuat kesalahan lebih banyak daripada orang yang mengerjakan tugas satu per satu.

5. Siap Bekerja untuk Hari Esok sebelum Pulang

Orang produktif mengakhiri hari kerja mereka dengan mempersiapkan diri untuk keesokan harinya. Caranya bagaimana? Mantapkan diri tentang apa yang telah diselesaikan hari ini dan pastikan kamu bisa memiliki masa depan yang produktif.

6. Selesaikan Rapat Tepat Waktu

Rapat adalah pembuang waktu terbesar yang pernah ada. Orang yang ultra produktif tahu bahwa pertemuan akan berlarut-larut selama mereka membiarkannya. Jadi, orang-orang ini menginformasikan kepada semua orang untuk tepat waktu.

7. Tak Segan Berkata Tidak

Orang produktif tak segan untuk berkata “ tidak”. Mengatakan “ tidak” pada komitmen baru bertujuan untuk menghargai komitmen yang kamu buat dan memberikan kesempatan bagimu untuk memenuhinya. Penelitian yang dilakukan di University of California di San Fransisco, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa semakin sulit kamu berkata tidak, semakin besar kemungkinan kamu stres, kelelahan, dan depresi.

8. Memeriksa E-mail pada Waktu yang Ditentukan

Orang-orang yang ultra produktif tidak akan mengecek e-mail sesering mungkin. Mereka juga memanfaatkan fitur yang memprioritaskan pesan oleh pengirim. 

Beri Komentar