Bagaimana Kelola Perusahaan Keluarga?

Reporter : Ramdania
Senin, 11 Agustus 2014 14:44
Bagaimana Kelola Perusahaan Keluarga?
Banyak perusahaan keluarga yang telah mencapai titik sukses. Namun, tetap saja ada kekhawatiran berapa lama masa kesuksesan itu bisa terus dinikmati para generasinya.

Dream - Di Timur Tengah, perusahaan keluarga menyumbang sekitar 80 persen untuk Produk Domestik Bruto (PDB). Juga menciptakan 70 persen lapangan kerja di kawasan itu. Jumlah yang signifikan untuk evolusi konglomerat dari perusahaan ini.

Seperti dikutip Arabian Business, Senin, 11 Agustus 2014, kini, tata kelola yang baik menjadi agenda pemerintah, regulator, dan perusahaan swasta. Berbagai undang-undang disiapkan guna menciptakan tata kelola yang baik, termasuk persyaratan sebuah perusahaan masuk pasar bursa.

Tata kelola ini sangat dibutuhkan meski sebuah perusahaan belum berniat melepaskan sahamnya di bursa. Pasalnya dengan tata kelola yang baik maka perusahaan apapun termasuki perusahaan keluarga bisa menjaga pertumbuhan yang berkelanjutan dari generasi ke generasi.

Namun, ada tantangan tersendiri dalam perusahaan keluarga, yaitu menyeimbangkan kepentingan keluarga dengan kepentingan bisnis.

Sebuah laporan penelitian terbaru oleh Pearl Initiative, tata kelola yang baik mampu mengurangi risiko dan memberikan manfaat dalam pengelolaan serta operasional perusahaan. Memulai tata kelola yang baik mampu menyelesaikan hambatan potensial dalam mencapai kesuksesan.

Ada beberapa prinsip utama dalam menerapkan tata kelola yang baik di perusahaan keluarga. Pertama, perlunya komitmen bersama untuk menerapkan tata kelola yang baik ini. Kedua, terdapat kebijakan spesifik untuk menyalurkan aspirasi anggota keluarga. Ketiga, kebijakan yang dibuat juga dibuat fleksibel mengikuti perkembangan masa depan.

Anggota keluarga harus mematuhi aturan-aturan yang telah disepakati. Komitmen ini bisa didapat jika semua anggota keluarga sudah mengerti visi keluarga dalam bisnis tersebut, rencana bisnis dan arah perusahaan, serta berbagai hal terkait perusahaan. (Ism)

Beri Komentar