Miliarder Terkaya Tak Tahu Beda Laba Bersih dan Kotor

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 5 Maret 2018 07:02
Miliarder Terkaya Tak Tahu Beda Laba Bersih dan Kotor
Tapi kok dia bisa punya bisnis raksasa?

Dream – Bos Virgin Group, Richard Branson, membuat pengakuan mengejutkan. Dia mengklaim tidak paham bedanya laba bersih dan laba kotor.

Lucunya, salah seorang eksekutif—tak disebutkan siapa dan apa jabatannya—menjelaskan perbedaan laba bersih dan laba kotor kepada pria ini.

Dilansir dari Bussiness Insider, Senin 5 Maret 2018, petinggi perusahaan membawanya keluar sambil membawa selembar kertas dan pensil warna.

“ Dia mewarnai semua kertas dengan warna biru, lalu menggambar jaring ikan dan menggambar ikan-ikan kecil di jaring,” kata Branson kepada pembawa acara Freakonomics Radio, Stephen Dubner.

Miliarder berusia 50 tahun ini berkata ikan-ikan di jaring adalah keuntungan bersih perusahaan. Sebaliknya, yang berada di luar jaring adalah laba kotor.

“ Sejak saat itu, saya tahu bedanya laba bersih dan laba kotor,” kata dia.

Lalu, bagaimana Branson bisa membangun kerajaan bisnis yang sukses meskipun tidak paham kemampuan dasar finansial? Dia berkata kekuatannya ada di orang lain. Branson mendelegasikan ahli di bidang tertentu.

“ Anda bisa menjadi seorang delegator yang baik. Anda tahu kelemahan dan kekuatan diri sehingga bisa memastikan orang yang tepat untuk bisa menutupi kelemahan,” kata dia.

(Sah)

 

Beri Komentar