Saat Jadi Miliarder, Ini yang Ditakuti Bill Gates

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 25 Februari 2018 14:03
Saat Jadi Miliarder, Ini yang Ditakuti Bill Gates
Bukan kompetitor, melainkan...

Dream – Pendiri Microsoft, Bill Gates, menjadi miliarder pada usia 31 tahun. Ketika menyandang gelar sebagai orang kaya, ada satu hal yang ditakuti oleh Gates.

Apa itu?

Dikutip dari Quartz, dia berkata Microsoft melantai di bursa pada 1986. Ketika itu, tak ada tekanan dan pesaing bagi raksasa teknologi untuk berbisnis di bisnis perangkat lunak komputer.

Saat itu, IBM sedang berkembang. Ssementara Apple baru saja memecat Steve Jobs (meskipun Jobs dipekerjakan kembali) pada 1985. Kondisi ini membuat Gates percaya diri untuk mendominasi pasar software komputer.

Setelah Microsoft melantai, kekayaan Gates melonjak dan dia menjadi seorang miliarder. Saat inilah, dia merasa cemas dan tak bisa santai.

“ Saya selalu ingin memiliki cukup uang di bank,” kata dia dalam acara “ The Ellen Show”.

Pendiri Bill and Melinda Gates Foundation ini mengaku cemas dan takut tak bisa membayar pegawai dan operasional perusahaan jika pelanggan tak membayar Microsoft selama setahun.

Jika hal ini terjadi, penelitian dan pengembangan produk bisa terbengkalai. “ Jadi, saya masih bisa dipandang konservatif,” kata dia.

Karena ketakutannya ini, Gates selalu berhati-hati untuk tidak mempekerjakan banyak orang. Dia juga turut memikirkan karyawan yang usianya lebih tua daripada dia dan memiliki anak.

“ Saya selalu berpikir, ‘Bagaimana jika kita tidak dibayar? Apakah saya dapat memenuhi gaji?’. Jadi, saya selalu sangat konservatif terhadap keuangan,” kata dia. (ism)

Beri Komentar