BPS: Pelayanan Haji 2017 Memuaskan

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 1 November 2017 15:44
BPS: Pelayanan Haji 2017 Memuaskan
Meski begitu, indeks kepuasan haji tahun ini menurun pada beberapa item.

Dream - Badan Pusat Statistik menyatakan pelayanan haji musim 1438 H/2017 M masuk dalam kategori memuaskan. Penilaian ini didasarkan pada Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) di Arab Saudi tahun ini sebesar 84,85 persen, naik 1,02 persen dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 83,83 persen.

" Artinya Pemerintah Indonesia melalui Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dan semua unsur yang terlibat telah mampu mengakomodasi 84,85 persen harapan jemaah haji Indonesia terhadap pelayanan yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan ibadah haji di Arab Saudi," ujar Kepala BPS, Suhariyanto, dikutip dari setkab.go.id, Rabu 1 November 2017.

Suhariyanto mengatakan, kenaikan indeks kepuasan ini ditopang oleh upaya pemerintah untuk meningkatkan standar pelayanan ibadah haji, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Hal ini juga meliputi pembinaan dan perlindungan kepada para jemaah haji.

Dia menambahkan, pelayanan yang diberikan kepada para jemaah haji adalah sama. Tetapi karena pelayanan dibagi ke dalam jenis dan sifat pekerjaan membuat indeks kepuasan yang didapat masing-masing layanan menjadi berbeda.

Sebagai contoh, pelayanan Transportasi Bus Antar Kota yang naik sebanyak 3,11 poin, disusul Bus Sholawat naik 2,18 poin, serta pelayanan hotel di Mekah dan Madinah naik 1,75 poin.

Tetapi, indeks kepuasan di beberapa item seperti Transportasi Bus Armina (Arafah, Muzdalifah, dan Mina) justru turun 1,76 poin, pelayanan tenda di Armina turun 1,75 poin, serta pelayanan katering di Armina juga turun 0,19 poin.

Khusus untuk penurunan indeks kepuasan pelayanan tenda di Armina, kata Suhariyanto, ditopang oleh sejumlah faktor. Beberapa di antaranya seperti indeks kesesuaian ukuran atau kapasitas tenda dengan jumlah jemaah haji turun sebesar 6,60 poin.

Selain itu, indeks pengaturan dan penempatan jemaah haji turun 4,44 poin. Sedangkan indeks kenyamanan dan kebersihan tenda juga mengalami penurunan sebesar 3,38 poin.

Meski begitu, Suhariyanto menjelaskan secara umum perbaikan pelayanan dan penyediaan tenda mendapatkan apresiasi dari jemaah haji. Sementara, bertambahnya kuota jemaah haji menuntut penyediaan jumlah tenda yang lebih memadai terutama di Mina.

" Secara keseluruhan jemaah haji merasa belum puas dengan pelayanan tenda di Armina," ucap dia.

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo