Bukan di Amerika, Bangunan Termahal di Dunia Ada di Mekah

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 25 Oktober 2018 13:30
Bukan di Amerika, Bangunan Termahal di Dunia Ada di Mekah
Biaya pembangunannya lebih mahal dari markas Apple.

Dream - Selama ini kita mungkin akan langsung menyebut Amerika Serikat jika disinggung soal bangunan termegah dan termahal di dunia. Di Negeri Paman Sam ini, khususnya kota New York, bangunan pencakar langit memang berserakan.

Namun anggapan itu ternyata tak sepenuhnya benar.

Bangunan termahal di dunia ternyata hadir di negara Muslim dan kota suci umat Islam, Mekah.

Kamu yang pernah menginjakan kaki di Tanah Suci pasti pernah melihat kemegahan kota ini. Salah satu ikon baru yang mulai dikenal dunia adalah Abraj Al Bait dengan menara jam tersohornya.

Abraj Al Bait merupakan sebuah kawasan kompleks tujuh pencakat langit yang dibangun pemerintah Arab Saudi.

Kompleks ini pertama kali dibangun pada 2002 dan setelah 10 tahun kemudian atau tahun 2012.

Mengutip Liputan6.com dari MSN, biaya pembangunan gedung pencakar langit ini mencapai US$15 miliar. Jika menggunakan kurs dollar As saat ini hampir mencapai Rp228,1 triliun.

Biaya pembangunan kompleks ini membuat Abraj Al Bait didaulat sebagai bangunan termahal yang pernah dibuat di dunia.

Untuk membandingkan seberapa mahal bangunan ini, coba saja tengok biaya pembangunan markas Apple inc, Apple Park di Cupertino, California, Amerika Serikat. Perusahaan dengan logo apel tergigit ini menggelontorkan uang hanya US$ 5 miliar, atau Rp76 triliun.

Tak jauh dari Indonesia, ada juga bangunan mahal yang dibangun di Singapura bernama Marina Bay Sands. Gedung dengan bagian atap seperti perahu ini mengeluarkan biaya pembangunan US$6,2 miliar atau Rp83,6 triliun.

Laman Skyscraper Center mencatat menara jam yang ada di kompleks ini merupakan tertinggi di dunia dengan tinggi hampir 500 meter.

Meski selama ini kompleks ini lebih dikenal dengan hotelnya, Abraj Al Bait ternyata memiliki beragam fungsi. Di kawasan ini terdapat juga tempat tinggal. Dengan biaya ratusan triliun rupiah yang dikeluarkan, tak heran jika penghuni dan tamu hotel di areal ini bisa leluasa keluar dan masuk gedung tanpa hambatan.

Sebuah lift canggih dibangun dan mampu melayani 75 ribu orang.

(Sah/ Sumber: Liputan6.com)

 

1 dari 1 halaman

3 Negara Muslim Ini Punya Menara Jam Terindah di Dunia

Dream - Lebanon, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab adalah 'rumah' bagi beberapa menara jam paling indah di dunia.

Dari 17 rumah jam yang disisir The Telegraph, menara jam Hamidiyyeh di Beirut menempati posisi ke delapan. Disusul menara jam Makkah Royal Hotel di urutan kesembilan dan menara jam Deira di Uni Emirat Arab di posisi 15.

Menara jam Hamidiyyeh yang dibangun menghadap gedung parlemen Lebanon di Downtown Beirut di bangun pada 1897. Kemudian direkonstruksi setelah terjadi perang saudara pada 1975-1990 di negara itu.

Menara jam Makkah Royal Hotel adalah yang tertinggi di dunia. Dengan tinggi 600 meter, menara jam ini mendominasi sebuah kompleks bangunan milik pemerintah di ibukota Saudi. Tak hanya tertinggi di dunia, jam ini juga memiliki diameter terpanjang di dunia yang mencapai 43 meter.

Sementara menara jam Deira atau Dubai Clocktower adalah bangunan tertua di Emirat. Monumen ini dibangun lebih dari empat dekade lalu. Dubai Clocktower memiliki struktur beton Sixties yang anggun berbentuk busur dan kedua ujungnya mengarah ke arah jam yang berbentuk kotak.

Tak diragukan lagi, menara jam Big Ben di London mengambil posisi pertama. Sebenarnya nama yang tepat adalah Elizabeth Tower. Big Ben sendiri adalah nama dari bel yang ada di dalam menara yang dipasang pada 1859. (Ism)

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara