Cerita Bos OJK Kagum dengan Cara Jepang Promosi Wisata Halal

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 2 Mei 2017 19:16
Cerita Bos OJK Kagum dengan Cara Jepang Promosi Wisata Halal
Negara itu memanfaatkan momen Olimpiade 2020

Dream - Kejelian Jepang melihat potensi halal membuat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kagum. Terbilang baru di bisnis halal dunia, Negeri Matahari Terbit itu mengeluarkan gebrakan-gebrakan yang menarik perhatian dunia.

" Saya kagum kepada Jepang," kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadadcdalam acara " Syariah Economic Outlook: The Islamic Growth in Indonesia" di Jakarta, Selasa 2 Mei 2017.

Muliaman mengatakan Jepang terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2020. Penetapan sebagai tuan rumah perhelatan olahraga terbesar itu membuat Jepang gencar mempromosikan potensi yang dimilikinya. Termasuk membuka pintu kepada ekonomi syariah dan pasar halal.

Pemerintah Jepang berharap event ini akan membuat kunjungan wisatawan muslim ke negaranya akan semakin bertambah. Saat ini pun, para traveler muslim ini lebih mudah mencari menu-menu makanan halal. 

" Sekarang lebih mudah mencari makanan halal di Jepang daripada 10 tahun yang lalu," kata Muliaman.

Selain Jepang, lanjut Muliaman, Korea Selatan kini juga mulai melirik ekonomi syariah. Dikatakan bahwa ada bank dari Negeri Gingseng ini berencana untuk membuka unit syariah.

" Ada bank Korea Selatan yang ingin membuka unit usaha syariah (UUS)," kata dia.

Begitu juga Filipina. Muliaman mengatakan Filipina juga ingin memberdayakan ekonomi syariah di Filipina Selatan. " Ada bank syariah di sana, tapi belum ada yang mengatur. Pemerintah pusatnya ingin mengatur," kata dia.(Sah)

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik