Freeport Sah Jadi Milik Indonesia, Saham Ditebus Rp55 T!

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 21 Desember 2018 19:10
Freeport Sah Jadi Milik Indonesia, Saham Ditebus Rp55 T!
Peristiwa ini jadi momen bersejarah.

Dream – Freeport Indonesia akhir resmi menjadi milik Indonesia. Pengelola areal tambang emas terbesar di dunia ini resmi kembali ke pangkuan setelah PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero)/Inalum resmi menguasai 51,2 persen saham perusahaan. 

Kabar tersebut diungkapkan Presiden Joko Widodo yang telah menerima dari seluruh menteri, CEO perusahaan, dan Dirut PT Freeport Indonesia yang terlibat dalam proses akuisisi tersebut. 

" Disampaikan bahwa saham PT Freeport sudah 51,2 persen sudah beralih ke PT Inalum dan sudah lunas dibayar," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta, dikutip dari Merdeka.com, Jumat 21 Desember 2018.

Jokowi mengatakan hari ini merupakan momen yang bersejarah, setelah PT Freeport beroperasi di indonesia sejak 1973. Kepemilikan mayoritas ini digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

“ Nantinya income pendapatan baik pajak, non-pajak, royalti lebih baik. Dan inilah kita tunggu. Mendapat laporan terkait lingkungan yang berkaitan dengan smelter telah terselesaikan dan sudah disepakati. Artinya semuanya sudah komplit dan tinggal bekerja saja,” kata dia.

Jokowi menegaskan, masyarakat di Papua juga akan mendapatkan 10 persen dari saham yang ada. “ Tentu saja Papua dapat pajak daerahnya,” kata dia.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary_mark