Desa Terkaya di Indonesia, Penghasilan Setahun Rp14 Miliar

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 27 November 2018 17:15
Desa Terkaya di Indonesia, Penghasilan Setahun Rp14 Miliar
Jokowi minta desa-desa lain untuk mencontoh Desa Ponggok yang memiliki keunggulan wisata kekinian, Umbul Ponggok.

Dream – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji keberhasilan tempat wisata Umbul Ponggok. Kawasan wisata yang terletak di Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah, ini menyumbang pendapatan hingga Rp14 miliar per tahun.

Dikutip dari akun Instagram @jokowi, Selasa 27 November 2018, Jokowi mengunggah foto seorang pria menaiki sepeda motor di dalam air. Pria itu menyelam bersama beberapa ikan-ikan yang sedang berenang.

“ Anak muda ini mengendarai sepeda motor di jalan berbatu dan beriringan dengan ikan-ikan. Beginilah gaya pengunjung kolam wisata Umbul Ponggok, Desa Ponggok, di Klaten. Mereka berfoto di bawah air,” tulis Jokowi.

 Seorang pria berpose di Umbul Ponggok.

Jokowi menceritakan jika kawasan wisata ini memang menawarkan pemandangan mata air yang sangat jernih. Lewat sebuah ide kreatif, kawasan ini disulap menjadi tempat wisata yang sukses menyedot banyak wisawatan.

Presiden mengatakan aparat desa Ponggok membantu pengembangan kawasan wisata baru itu dengan membangun infrastruktur pariwisata memanfaatkan dana desa. Infrastruktur penunjang pariwisata, seperti jalan desa, sanitasi, drainase, MCK, sampai area parkir telah dibangun dengan baik.

“ Hasilnya? Desa Ponggok kini menjadi sebuah desa yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Dari pariwisata, Desa Ponggok bisa mendapatkan penghasilan sampai Rp14 miliar setahun,” kata dia.

2 dari 2 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Aliando Syarief Tidak Suka Korea? #KapanLagiKepo