Ini Cara McDonald Memecahkan Masalah

Reporter : Ramdania
Rabu, 22 Oktober 2014 16:15
Ini Cara McDonald Memecahkan Masalah
Semua perusahaan pasti memiliki masalah, tidak terkecuali perusahaan besar seperti McDonald. Meski sudah menguasai pasar, tetap mengalami pasang surut dalam penjualan. Bagaimana cara mengatasinya?

Dream - Perusahaan makanan cepat saji McDonald melansir terjadinya penurunan penjualan sebesar 3,3% di Amerika Serikat. Hal ini karena etersebut tengah dihadapkan lima masalah besar.

Sementara merek makanan cepat saji lain seperti Chipotle mengalami peningkatan penjualan sebesar 19,8%. McDonald yang memiliki 14 ribu lokasi dan Chipotle yang hanya memiliki 1.700 lokasi mengaku keberatan untuk meningkatkan penjualan selagi lima masalah tersebut belum teratasi.

Apa saja masalah yang dihadapi perusahaan ini seperti dikutip dari Emirates 247, Rabu, 22 Oktober 2014.


1. Citra Makanan yang Buruk
Untuk menjaga citra makanan, McDonald meluncurkan kampanye di media sosial pekan lalu. Lewat akunnya, McD membuka pintu komentar dan pertanyaan kepada masyarakat. Dari situlah terlihat betapa buruknya citra makanan cepat saji ini di mata masyarakat.

Pasalnya, banyak komentar miring yang diterima McD, seperti " Mengapa tidak Anda simpan saja makanan Anda" dan pertanyaan " Apakah Anda menggunakan daging ayam untuk McNuggets?"

Namun, dengan program ini, McD berusaha membangun kembali kepercayaan pelanggan.


2. Kurang Fleksibel
McDonald terkenal dengan konsistensinya dalam menu. Hal ini berbeda jika dibandingkan Chipotle yang bisa disesuaikan dengan pesanan pelanggan.

Namun, McD kini tengah melakukan pengujian untuk fasilitas 'build your own burger'. Nantinya pelanggan bisa memilih roti, patty, dan topping yang mereka inginkan.

3. Pelayanan lambat dan kurang akurasi
Eksekutif McDonal mengatakan terlalu banyak item yang diperkenalkan dalam tahun ini. Hal ini membuat terjadinya pelambatan dalam pelayanan dan kurang akurasi dalam memenuhi pesanan pelanggan. Untuk itu, McD akan fokus pada menu sederhana yang paling populer.

4. Sensitivitas Harga
Menaikkan harga tanpa mengurangi pelanggan merupakan sesuatu yang sulit. Padahal harga bahan baku mengalami kenaikan, seperti daging sapi dan keju.

Guna menyiasati itu, McD membuat paket menu baru dengan harga maksimal US$ 5 dolar. Paket ini mengimbangi kenaikan harga pada paket normal.

5. Peningkatan Kompetisi
Banyaknya pemain baru di bisnis makanan saji, seperti Chipotle dan Taco Bell ditambah pemain lama seperti Burger King dan Wendy's yang telah mengintensifkan bisnisnya memaksa McD untuk melakukan inovasi guna tetap mendominasi pasar.

Beri Komentar