Masya Allah, Gubernur Mulia Ini Masuk Daftar Orang Miskin

Reporter : Syahid Latif
Rabu, 22 Juni 2016 07:29
Masya Allah, Gubernur Mulia Ini Masuk Daftar Orang Miskin
Alangah kagetnya masyarakat. Nama gubernur mereka masuk salah satu keluarga miskin.

Dream - Menjadi pemimpin dalam sebuah wilayah pemerintahan tentu menjadi salah satu hal yang sangat membanggakan. Bahkan kini banyak orang yang rela melakukan apa saja demi mendapatkan kursi di pemerintahan.

Pada era kini, jabatan tinggi menjadi salah satu modal untuk memperbaiki perekonomian keluarga. Karena tidak bisa dipungkiri jika menduduki sebuah jabatan, pasti akan mendapatkan gaji yang sebanding dengan apa yang menjadi tanggungjawabnya.

Namun tidak demikian dengan gubernur yang satu ini. Ia justru masuk dalam deretan masyarakat miskin yang harus mendapat bantuan. Hidupnya susah bahkan tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan keluarga. 

Bahkan saat pendataan orang miskin, alangkah terkejut orang-orang. Ternyata orang yang selama ini menjadi gubernur mereka, masuk dalam daftar nama tersebut

klik selanjutnya untuk tahu kisah gubernur termiskin ini 

 

1 dari 2 halaman

Takut Terjerumus Fitnah

Dream - Ternyata gubernur tersebut tidak hidup di zaman kini. Dia hidup pada zaman Khalifah Umar bin Khattab. Nama gubernur yang ternyata terdaftar ke dalam warga miskin itu ialah Said bin Amir al-Jumhi.

Kisah ini bermula ketika khalifah Umar bin Khattab berniat untuk menggantikan gubernur Syam yang lama yaitu Muawiyah dengan Said. 

Berkatalah Umar kepada Said, “ Aku ingin memberimu amanah menjadi gubernur”. Akan tetapi pada awalnya Said menolak tawaran tersebut dengan alasan takut terjerumus ke dalam sebuah fitnah,"

Said berkata, “ Jangan kau jerumuskan aku ke dalam fitnah, wahai Amirul Mukminin. Kalian mengalungkan amanah ini di leherku kemudian kalian tinggal aku.”

 

2 dari 2 halaman

Bukan Inginkan Gaji

Dream - Pada saat itu Umar mengira bahwa Said menginginkan gaji, akan tetapi hal tersebut dibantah oleh Said. Umar tetap bersikeras untuk menjadikan Said sebagai gubernur, maka untuk menunjukkan ketaatannya terhadap khalifah maka dirinya menerima permintaan tersebut dan diangkatnya ia menjadi gubernur.

Hingga pada akhirnya berangkatlah said beserta keluarganya ke Syam untuk menjalankan amanah barunya. Pada suatu masa, Said terlilit sebuah kebutuhan yang memerlukan uang. Akan tetapi, di dalam rumahnya tidak ada uang pribadi yang bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca selengkapnya kisah gubernur termiskin di sini

Beri Komentar