Minna Padi Siap Beli Saham Bank Muamalat Rp4,5 Triliun

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 28 September 2017 12:29
Minna Padi Siap Beli Saham Bank Muamalat Rp4,5 Triliun
Perusahaan ini akan menguasai mayoritas saham bank syariah ini.

Dream – PT Minna Padi Investama Tbk telah menandatangani Perjanjian Pengambilan Saham dalam PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Minna Padi Investama akan bertindak sebagai pembeli siaga Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD).

Direktur Utama Minna Padi Investama, Djoko Joelianto, mengatakan, perjanjian ini sejalan dengan rencana Bank Muamalat untuk mengeluarkan saham baru (right issue).

“ Nilai transaksi adalah sebesar Rp4,5 triliun,” kata Djoko di Jakarta, dikutip dari laman Bursa Efek Indonesia, Kamis 28 September 2017.

Dengan begitu, Minna Padi Investama akan memiliki sekurang-kurangnya 51 persen dari seluruh modal yang ditempatkan dan disetor oleh Bank Muamalat. Sampai saat ini, transaksi masih dalam proses untuk dilaksanakan sesuai dengan isi perjanjian.

“ Minna Padi Investama akan terlebih dahulu meminta persetujuan pemegang saham atas transaksi ini dan akan memenuhi seluruh persyaratan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata dia.

Pihak Bank Muamalat belum memberikan informasi tentang kabar pembelian saham ini. Sumber Dream mengatakan, transaksi right issue ini akan membuat Bank Muamalat " naik kelas" dari BUKU II menjadi BUKU III.

Dengan adanya, tambahan modal ini akan membuat permodalan Bank Muamalat menembus angka Rp5 triliun. Sekadar informasi, saat ini, modal inti Bank Muamalat sebesar Rp3,7 triliun-Rp3,8 triliun, sementara syarat modal inti bank BUKU III sebesar Rp5 triliun-Rp30 triliun.

" Saat ini, cuma BSM (yang masuk bank BUKU III). Kalau Muamalat jadi, ya, menemani BSM," kata dia.

Beri Komentar