Heboh Pokemon GO, Nintendo `Untung` Rp92 Triliun

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 13 Juli 2016 17:02
Heboh Pokemon GO, Nintendo `Untung` Rp92 Triliun
Tak hanya itu, aplikasi ini juga membuat nilai saham Nintendo terkerek.

Dream - Popularitas Pokemon GO yang naik daun akhir-akhir ini berdampak positif terhadap Nintendo. Permainan ini telah memberikan keuntungan berupa sumbangan puluhan triliun rupiah untuk nilai kapitalisasi perusahaan multinasional yang bergerak di sektor barang elektronik dan software ini.

Dilansir dari situs independent.co.uk, Rabu 13 Juli 2016, Pokemon GO membuat nilai kapitalisasi pasar Nintendo bertambah US$7 miliar sekitar Rp 92 triliun selama beberapa hari ini. Bahkan, aplikasi ini membuat saham Nintendo mencetak harga saham terbaik sejak tahun 1983. Pada Senin 11 Juli 2016, harga saham Nintendo naik 4,52 persen menjadi 20,26 ribu yen di bursa saham Tokyo.

Para analis mengapresiasi capaian yang diraih Nintendo dari Pokemon GO.

" Hal yang benar-benar menyenangkan adalah semuanya terjadi tanpa harus promosi. Permainan ini menjadi populer karena dirinya sendiri dan menunjukkan kepada masyarakat tentang kekuatan sebuah brand," kata analis Macquarie, David Gibson, kepada The Financial Times.

Namun, ada juga yang menilai kesuksesan Pokemon GO ini tak akan berlangsung lama. Publik bertanya-tanya, apakah permainan ini bisa mendorong pendapatan Nintendo dalam jangka waktu lama.

" Jika kita berbicara tentang konsol permainan generasi berikutnya dan menjadi permainan utama bagi gamers, maka (Pokemon GO) sendiri tak akan cukup," kata General Manager di Chibagin Asset Management, Yoshihiro Okumura.

Sekadar informasi, permainan ini telah tersedia di Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru sejak 6 Juli 2016. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 5 persen ponsel berbasis Android.

Beri Komentar