Proyek Keuangan Syariah Bisa Ciptakan 25 Ribu Pekerja Baru

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 24 Januari 2017 13:44
Proyek Keuangan Syariah Bisa Ciptakan 25 Ribu Pekerja Baru
Selain mengentaskan kemiskinan, ternyata ada manfaat lain dari keuangan syariah.

Dream – Keuangan syariah bisa menciptakan lapangan kerja baru. Hal ini terlihat dari proyek pembiayaan mikro syariah yang dimiliki oleh Islamic Development Bank (IDB).

Dilansir dari Zawya, Selasa 24 Januari 2017, contoh sukses proyek keuangan syariah mikro terbukti di Senegal, Afrika. Diperkirakan akan ada 25 ribu tenaga kerja baru terserap sampai tahun 2022. Nama proyek ini adalah Plan Senegal Emergent (PSE) yang bergerak di bidang pembangunan sosial dan ekonomi. Total nilai proyeknya mencapai US$60,3 juta (Rp802,27 miliar).

Kerja sama ini ditandatangani oleh VP IDB sektor operasional, Mansur Muhtar, dan Menteri Ekonomi, Keuangan, dan Perencanaan, Amadou Bah di Dakar, Senegal.

Amadou mengatakan proyek ini akan meningkatkan angka inklusi keuangan masyarakat miskin, termasuk wanita dan kawula muda, dari 15 persen menjadi 18 persen pada 2027. Kerja sama ini pun diapresiasi oleh pemerintah Senegal.

“ Tidak ada yang lebih menyenangkan dari mengangkat derajat orang dari kemiskinan dan memberikan akses keuangan,” kata dia.

Amadou mengatakan membangun kapasitas masyarakat untuk menciptakan lapangan kerja merupakan langkah yang terbaik untuk membangun ekonomi yang dinamis. Dikatakan pula proyek keuangan syariah ini sejalan dengan recana pemerintah untuk menciptakan keuangan inklusif bagi masyarakat miskin. Tidak hanya itu, sistem keuangan ini juga bisa mengentaskan orang dari kemiskinan.

(Sah)

Beri Komentar