Ada 6.000 Unit, Rusunami Ini Tawarkan Uang Muka 1%

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 27 April 2017 15:31
Ada 6.000 Unit, Rusunami Ini Tawarkan Uang Muka 1%
Hunian ini tidak bisa dimiliki sembarang orang.

Dream – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) rumah susun sederhana milik (rusunami). Uang mukanya hanya 1 persen dan cicilannya kurang dari Rp2 juta per bulan.

Namun tak semua orang bisa tinggal dan membeli rumah susun ini. Hunian ini ditujukan bagi buruh atau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Rusunami tersebut dibangun PT Pembangunan Perumahan (Persero) dengan harga jual per unit Rp293 juta. Perusahaan properti pelat merah itu menyediakan 6 ribu unit.

“ Uang mukanya hanya 1 persen atau Rp2,9 juta dan angsuran sebesar Rp1,2 juta per bulan,” kata Jokowi, dikutip dari Merdeka.com, Kamis 27 April 2017.

Dia menjelaskan rusunami ini bertipe 30. Satu unit rusunami ini terdiri dari dua kamar tidur, ruang tamu, dan dapur.

Rumah dengan cicilan relatif murah itu disambut baik kalangan buruh. Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), Mudhofir Khamid, menyambut baik langkah Jokowi melakukan groundbreaking rusunami yang diberi nama LoftVilles Serpong.

“ Tentunya kami mendorong dan menyambut gembira program rusunami yang diperuntukkan untuk buruh tersebut,” kata Mudhofir di Jakarta, dikutip dalam keterangan tertulis KSBSI yang diterima Dream.

Dia mengatakan kaum buruh tak hanya berjuang untuk persoalan upah, tetapi juga tempat tinggal yang layak.

Mudhofir pun berharap ada aturan tentang rusunami bagi buruh. Dia juga berharap hunian ini benar-benar ditujukan bagi kalangan buruh.

“ Kami juga tidak ingin peruntukannya nanti jangan sampai yang menghuni bukan buruh,” kata dia.(Sah)

Beri Komentar