Amankah Transaksi Mobile Banking Lewat VPN?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 26 Mei 2019 16:01
Amankah Transaksi Mobile Banking Lewat VPN?
Saat akses dibatasi, banyak orang menggunakan VPN untuk mengakses platform sosmed.

Dream – Pembatasan penggunaan media sosial oleh pemerintah membuat masyarakat mengambil “ jalan pintas”. Masyarakat menggunakan virtual private network (VPN) untuk mengembalikan akses internet.

Pertanyaannya, apakah transkasi perbankan aman menggunakan VPN?

Dikutip dari Merdeka.com, Jumat 24 Mei 2019, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, mengungkapkan sejauh ini transaksi digital perbankan masih berjalan aman tanpa kendala sebagai imbas dari penggunaan VPN.

" Transkasi perbankan dan digital economy berjalan lancar dan aman," kata Perry di Jakarta.

Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso, mengatakan belum ada masalah dalam penggunaan VPN.

“ Tidak apa-apa (pakai VPN)," kata Wimboh.

1 dari 1 halaman

Asal Pakai Ini, Ya, Aman

Pengamat siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, mengataja VPN itu ibarat memakai server proxy atau WiFi gratisan. Kalau VPN memperbolehkan mengakses, itu akan mudah.

“ Kalau sistem internet banking sudah pakai https (http secure) ya. Artinya sudah dienkripsi sekalipun di tap itu datanya terenkripsi dan tidak bisa dibaca,” kata dia kepada Merdeka.com.

Alfons mengatakan internet banking sudah memaksakan untuk menggunakan TFA atau OTP. Kalau terjadi kebocoran kredensial, transaksi tak bisa dilakukan karena tetap ada konfirmasi OTP dari token.

“ Yang perlu diwaspadai adalah layanan yang menggunakan teknologi jadul tanpa enkripsi. Mengandalkan password dan PIN itu sama saja setor nyawa kalau di-tapping ketahuan semua,” kata dia.

Meski begitu, Alfons tetap menyarankan untuk menghindari penggunaan VPN abal-abal. Berbeda jika menggunakan VPN yang berbayar.

Beri Komentar
Detik-Detik Jokowi Umumkan Kabinet Indonesia Maju