Bantu Lindung Tenaga Medis Atasi Covid-19 dengan Cara Ini

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 17 Desember 2020 17:32
Bantu Lindung Tenaga Medis Atasi Covid-19 dengan Cara Ini
Tenaga medis masih berjuang untuk selamatkan nyawa orang lain.

Dream - Petugas medis serta tenaga kesehatan di Tanah Air pantang menyerah sebelum kasus Covid-19 tuntas. Berjuang keras demi nyawa orang lain, tak sedikit dari mereka gugur di tengah perjuangan tersebut.

Menurut data Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), sejak Maret hingga Desember 2020 terdapat total 342 petugas medis dan kesehatan yang wafat akibat terinfeksi Covid-19 terdiri dari 192 dokter, 14 dokter gigi, dan 136 perawat.

Sedangkan kasus dokter yang meninggal tanpa infeksi Covid-19 terdiri 101 dokter umum (guru besar), 89 dokter spesialis (7 guru besar), dan 2 residen yang berasal dari 24 IDI wilayah provinsi dan 85 IDI cabang Kota/Kabupaten.

Melihat angka yang terus meningkat, IDI menyerukan agar para petugas medis dan kesehatan diperhatikan dengan melengkapi mereka dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang berkualitas. Semua demi proteksi yang optimal saat menjalankan tugas di tengah pandemi COVID-19.

1 dari 5 halaman

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Sebagai bentuk upaya memaksimalkan perlindungan para tenaga medis dan tenaga kesehatan, Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) bersama Lingkaran Sehat Indonesia (LSI) dan WeCare.id didukung IDI, bekerja sama memberikan donasi bagi para tenaga medis dan kesehatan.

Lewat kerja sama ini, IDI, Good Doctor, LSI, dan WeCare.id bermaksud mengajak masyarakat untuk turut serta mempraktikkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan kebiasaan Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak (3M), serta memanfaatkan telemedis.

Agar mengurangi beban tenaga medis dan kesehatan di fasilitas kesehatan dan menjauhkan masyarakat dari risiko tertular virus.

“ Sungguh menjadi duka mendalam bagi IDI melihat banyak petugas medis dan kesehatan yang gugur di dalam perjuangan melawan pandemi COVID-19. Untuk itu, tidak henti-hentinya kami menyuarakan agar para petugas medis dan kesehatan mendapatkan proteksi yang optimal," ungkap Dr. Daeng M Faqih, Ketua Umum PB IDI pada Rabu, 16 Desember 2020.

" Namun, hal ini tidaklah cukup, karena kontribusi masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, baik itu anjuran PHBS maupun 3M di manapun mereka berada juga menjadi kunci penting dalam mengurangi kasus COVID-19 di negara kita," tambahnya.

2 dari 5 halaman

Perhatikan alat proteksi tenaga medis

Ilustrasi© Shutterstock

Untuk itu, IDI sangat mengapresiasi kemitraan yang dilakukan Good Doctor, Lingkar Sehat Indonesia, dan WeCare.id yang memerhatikan kebutuhan alat proteksi bagi para tenaga medis dan kesehatan juga konsisten mengedukasi masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

Drg. Wahyu Prabowo, Direktur Utama, Lingkar Sehat Indonesia (LSI) turut mengatakan, “ Sebagai institusi pengelolaan manajemen rumah sakit, LSI sangat memahami bagaimana ketersediaan APD bagi tenaga medis di masa pandemi menjadi sebuah hal yang mutlak."

" Karena itu kami sangat mengapresiasi inisiatif Good Doctor dalam memaksimalkan perlindungan kepada para tenaga medis dan kesehatan dengan menggalang donasi masker bedah melalui platform crowdfunding WeCare.id yang nantinya akan disalurkan kepada seluruh petugas medis dan kesehatan di dalam jaringan LSI," jelas Drg. Wahyu.

3 dari 5 halaman

Ikuti PHBS dan 3M

Di sini Drg. Wahyu juga mengatakan bahwa sejalan dengan anjuran pemerintah demi menurunkan beban fasilitas kesehatan dan petugas medis, LSI juga mendorong masyarakat, ketika memiliki gejala penyakit ringan, agar memanfaatkan layanan telemedis untuk mendapatkan konsultasi secara online dengan tetap berada di dalam rumah.

Untuk mendukung seruan IDI, mengoptimalkan perlindungan terhadap petugas medis dan kesehatan yang menjadi garda depan perlawanan COVID-19, Good Doctor bersama Lingkar Sehat Indonesia dan WeCare.id kembali mengajak masyarakat agar lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, dalam hal ini anjuran PHBS dan 3M dalam kehidupan mereka sehari-hari, yaitu:

  • Menggunakan masker
  • Menggunakan hand sanitizer/ disinfektan
  • Mencuci tangan selama 60 detik dengan sabun
  • Menghindari jabat tangan
  • Menghindari kerumunan
  • Menjaga jarak minimal semeter

Usaha perlindungan tersebut dapat bisa dimaksimalkan dengan kehadiran telemedis, layanan yang menghubungkan masyarakat dengan fasilitas kesehatan di manapun mereka berada.

4 dari 5 halaman

Perjuangan belum berakhir

Ilustrasi© Shutterstock

Layanan telemedis seperti Good Doctor, akan memudahkan masyarakat berkonsultasi dengan dokter secara online dan juga memudahkan mereka mendapatkan produk kesehatan tanpa harus pergi ke apotek/fasilitas kesehatan, jadi dapat mengurangi beban tenaga medis dan kesehatan, dan tentu saja menghindari dari tertular virus.

“ Kami berterima kasih kepada Lingkar Sehat Indonesia dan WeCare.id yang turut terlibat di dalam inisiatif ini. Kami berharap banyak masyarakat yang antusias dan peduli untuk mengambil bagian dalam gerakan positif ini untuk mendukung tenaga medis yang terus berjuang dalam pandemi ini," ujar Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia.

" Tidak kalah pentingnya adalah untuk kita semua, masyarakat umum, untuk terpacu menjaga kesehatan dengan memperhatikan PHBS dan 3M, dan manfaatkanlah layanan telemedis Good Doctor untuk layanan kesehatan sehingga tidak perlu keluar rumah sebisa mungkin. Dengan demikian, kita bisa berkontribusi maksimal dalam mendukung perlindungan bagi para tenaga medis dan juga menekan penyebaran virus,” jelas Danu.

 

5 dari 5 halaman

Program berlangsung Desember 2020

Gigih Rezki Septianto, selaku Co-founder dan CEO, WeCare.id mengatakan, “ WeCare.id sebagai platform crowdfunding merasa bangga dan senang bisa ambil bagian dalam kegiatan donasi masker bagi para tenaga medis. WeCare.id yang dibangun dalam misi untuk mengumpulkan donasi bagi pasien, rumah sakit, atau tempat layanan kesehatan memiliki misi yang sama dengan Good Doctor dan Lingkar Sehat Indonesia."

" Untuk itu, kami mengajak seluruh perlindungan dapat dimaksimalkan berkat kehadiran layanan telemedis yang mampu masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan donasi ini demi membantu para tenaga medis dan kesehatan yang bertugas di masa pandemi COVID-19,” tambah Gigih.

Program donasi masker bedah dari Good Doctor, LSI, dan WeCare.id ini akan berlangsung pada Desember 2020.

Nantinya, donasi masker ditargetkan untuk memenuhi kebutuhan APD tenaga medis dan kesehatan selama pandemi akan disalurkan langsung ke rumah sakit dalam jaringan LSI yang tersebar di Jabodetabek dan kota-kota lain di seluruh Indonesia.

Untuk Sahabat Dream yang ingin ikut berdonasi untuk memenuhi kebutuhan masker bagi tenaga medis dan kesehatan, dapat langsung akses di sini.

Laporan: Shania Suha

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar